Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di apartemen atau rumah kecil, Anda tidak memiliki banyak ruang saat memutuskan di mana akan meletakkan peralatan elektronik besar, seperti kulkas.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan dengan baik di mana sebaiknya meletakkan kulkas. Misalnya, bolehkah menempatkan kulkas di sebelah kompor.

Ada banyak anjuran untuk tidak meletakkan kulkas bersebelahan dengan kompor. Akan tetapi, sebenarnya kenapa kulkas tidak boleh di sebelah kompor?

Baca juga: Cara Menyimpan Buah di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Ilustrasi membuka kulkasSHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi membuka kulkas

Dikutip dari Howdy Kitchen, Senin (9/1/2023), meskipun secara teknis aman untuk menempatkan kulkas dan kompor di samping satu sama lain, tapi ini tidak disarankan. Panas kompor dapat mengganggu suhu dingin kulkas.

Ini memaksa kompresor kulkas bekerja dua kali untuk mempertahankan suhu dingin secara konsisten. Jika Anda tidak punya pilihan, letakkan pelindung panas di antara kedua peralatan tersebut.

Bisakah meletakkan kulkas di samping kompor di dapur?

Jika Anda baru saja pindah ke rumah baru atau membeli kulkas atau kompor baru, Anda mungkin bertanya-tanya di mana harus meletakkan peralatan tersebut.

Ada baiknya Anda mencari jawabannya sebelum meletakkan keduanya tanpa pikir panjang karena ada beberapa hal penting yang harus Anda hindari.

Baca juga: 6 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Apa Saja?

Misalnya, meski tidak disarankan, Anda boleh menempatkan kulkas di samping kompor dan sebaliknya. Ini biasanya banyak dilakukan di dapur kecil.

Namun demikian, Anda harus melakukan yang terbaik untuk menyisakan ruang sebanyak mungkin di antara kulkas dan kompor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com