Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2022, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTelur rebus kerap dijadikan sebagai hidangan pelengkap, bahkan kudapan di saat waktu genting ketika stok makanan sudah habis.

Sebab, telur yang direbus dengan benar bisa bertahan hingga beberapa hari sebelum dimakan. Namun, untuk menjaga kesegaran telur rebus, cara menyimpannya juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Ketahui, Ini Usia Simpan Telur Rebus di Kulkas

Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (13/9/2022), telur rebus yang disimpan dengan benar bisa bertahan hingga satu pekan. Nah, bagaimana cara menyimpan telur rebus agar tahan lama?

Dinginkan terlebih dulu

Clinical Associate Professor sekaligus Associate Director untuk National Center for Home Food Preservation di University of Georgia, Amerika Serikat, Tracey Brigman, menyarankan untuk mendinginkan telur terlebih dulu sebelum disimpan.

Ilustrasi telur rebus.PEXELS/RON LACH Ilustrasi telur rebus.

Telur rebus akan bersuhu panas setelah direbus. Ketika benda panas ditaruh di dalam kulkas, mereka dapat menghangatkan benda-benda lain di sekelilingnya.

Ini menempatkan mereka di zona bahaya suhu, yang mana bakteri suka berkembang biak, jelas Brigman.

Baca juga: Telur Rebus Boleh Disimpan di Kulkas, asalkan...

Vice President of Food Safety and Quality Assurance di Vital Farms, Jeanine Flaherty, menyarankan menaruh telur rebus di dalam air dingin atau mandi es selama beberapa menit untuk mempercepat pendinginan.

Cara menyimpan telur rebus

  • Telur yang sudah dikupas

Beberapa orang lebih senang mengupas telur rebus terlebih dulu sebelum disimpan agar bisa langsung dimakan sesaat setelah mengambilnya.

Untuk telur rebus yang sudah dikupas, Brigman mengatakan bahwa mereka harus disimpan di dalam kantong atau wadah kedap udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com