Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Peralatan Memasak Antilengket yang Terkelupas Aman Digunakan?

Kompas.com - 13/09/2022, 09:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan memasak antilengket menjadi alat yang paling sering digunakan karena sangat membantu dalam proses memasak sehari-hari. Lapisan teflon atau polytetrafluoroethylene pada peralatan masak menghasilkan permukaan antilengket.

Tersedia selama lebih dari 60 tahun, teflon membantu mencegah telur dan pancake menempel di wajan. Sayangnya, lapisan teflon terkelupas saat tergores oleh peralatan dapur yang kasar atau bantalan gosok yang abrasif.

Kekhawatiran lain melibatkan asam perfluorooctanoic atau PFOA, bahan kimia yang digunakan sebagai bantuan pemrosesan untuk teflon. Ini telah dikaitkan dengan kanker pada hewan laboratorium.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tidak Boleh Menumpuk Panci Antilengket

Ilustrasi panci antilengket. FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi panci antilengket.

Lantas, apakah peralatan masak antilengket yang terkelupas masih tetap aman digunakan?

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (13/9/2022), peralatan masak berlapis teflon dianggap aman digunakan, meski tergores.

Saat peralatan masak teflon tergores, partikel kecil dari lapisan mungkin terkelupas. Food and Drug Administration mengatakan bahwa hal ini tidak menimbulkan bahaya kesehatan ketika melewati tubuh.

PFOA digunakan untuk memproses teflon. Namun, Badan Perlindungan Lingkungan melaporkan bahwa Teflon sebenarnya tidak mengandung PFOA sehingga tidak ada bahaya kesehatan dari menggunakannya.

Baca juga: 4 Tanda Wajan Antilengket Sudah Rusak dan Harus Segera Menggantinya

Penggunaan peralatan masak antilengket yang benar

Gunakan api kecil atau sedang dengan wajan teflon. Saat peralatan masak berlapis teflon terlalu panas, peralatan masak mengeluarkan asap yang dapat menyebabkan gejala seperti flu pada manusia.

Penggunaan peralatan plastik atau kayu membantu melindungi lapisan teflon dari goresan. Jangan pernah menggunakan pembersih abrasif atau sabut gosok untuk membersihkan peralatan masak antilengket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com