Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Aman Menyimpan Koleksi Piringan Hitam di Rumah agar Tidak Rusak

Kompas.com - 27/05/2022, 18:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang gemar mengoleksi piringan hitam atau vinyl dari musikus favoritnya. Ada yang mencarinya di toko-toko barang bekas hingga ke pasar di luar negeri.

Upaya yang dilakukan untuk membawa pulang piringan hitam ini cukup besar, baik dari segi waktu maupun biaya. Karena itu, tidak jarang para kolektor akan menjaga koleksi piringan hitam sebaik mungkin.

Baca juga: 6 Dekorasi yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Besar

Lebih lanjut, piringan hitam edisi khusus bisa dijual dengan harga cukup mahal. Walhasil, setiap kepingnya akan dirawat dengan hati-hati guna menjaga kualitasnya.

Dalam mengoleksi piringan hitam, beberapa orang gemar memajangnya di ruang keluarga atau kamar tidur sebagai dekorasi.

Sebab, tampilannya yang bulat dan hitam cukup unik untuk kebanyakan orang yang saat ini lebih senang mengoleksi dan mendengarkan musik secara digital.

Dikutip dari Martha Stewart, Jumat (27/5/2022), berikut ini cara aman menyimpan koleksi piringan hitam di rumah agar tidak rusak. 

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat Tampilan Rumah Terlihat Lebih Mahal

Simpan secara vertikal

Ilustrasi piringan hitam.SHUTTERSTOCK / Igor_83 Ilustrasi piringan hitam.

Head of Product Victrola, Don Inmon, mengatakan sebaiknya menyimpan piringan hitam secara vertikal untuk menjaganya tetap aman.

Menyimpan piringan hitam dengan saling menumpuk dapat menyebabkan peningkatan tekanan yang mampu merusak kepingan. 

Kemudian, setiap sebelum memutarnya, Inmon menyarankan selalu mengelap setiap permukaan pada piringan hitam.

“Pastikan kamu juga meluangkan waktu untuk menempatkan jarum (stylus) pemutar piringan hitam (turntable) secara hati-hati menggunakan tuas lengan nada,” ujar Inmon.

Baca juga: 7 Pilihan Warna Ruangan Berdasarkan Genre Musik Favorit

Ubah menjadi pameran seni

Ilustrasi piringan hitam.SHUTTERSTOCK / sirtravelalot Ilustrasi piringan hitam.

A.J. Hall, produser, drummer, dan DJ piringan hitam, mengatakan bahwa menyimpan piringan hitam juga bisa dilakukan dengan cara memamerkannya. 

Pajang koleksi piringan hitam di rak gantung pada dinding. Untuk ukuran rak, sesuaikan dengan jumlah piringan hitam yang dimiliki.

Cara lain mengubah koleksi piringan hitam menjadi pameran seni adalah menggunakan kabinet atau buffet terbuka atau meja turntable yang memiliki tempat penyimpanan pada bagian kakinya.

Baca juga: Apa Benar Musik Memengaruhi Pertumbuhan Tanaman Hias Indoor?

Bersihkan piringan hitam secara rutin

Baik itu piringan hitam lama maupun yang terbaru, jaga keduanya agar tetap bersih dan dalam kondisi prima.

“Hampir semua toko kaset atau toko yang memiliki piringan hitam akan menjual produk perawatan kecil dengan sikat dan larutan pembersih,” ungkap Hall.

Hall menambahkan, pembersihan menyeluruh tidak perlu dilakukan setiap kali mengeluarkan piringan hitam. Namun, pembersihan dapat memperpanjang usia penggunaannya.

Hall menyarankan mengoleskan antara dua hingga tiga tetes larutan pembersih ke sikat, lalu bersihkan piringan hitam dengan gerakan melingkar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com