Kompas.com - 27/05/2022, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Layu fusarium pada pohon pisang biasanya disebabkan oleh jamur atau cacing di dalam tanah. Jika kamu tak mengatasinya dengan segera, layu fusarium bisa menyebar ke pohon pisang lain.

Pendeteksian layu fusarium ini bisa kamu lakukan dengan melihat bagian batang dan daun pohon pisang. Apabila batangnya pecah-pecah dan daunnya menguning sudah pasti pohon pisang terkena layu fusarium.

Melansir dari channel YouTube Aji Wiranata, Jumat (27/5/2022) berikut cara mudah untuk mengatasi layu fusarium dengan garam dan deterjen.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Batang Pisang

Alat dan bahan

  • Garam
  • Deterjen bubuk
  • Poradan
  • Air
  • Ember plastik

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Cangkang Telur dan Kulit Pisang

Cara mengatasi layu fusarium pada pohon pisang

Ilustrasi pisang, tanaman pisang, pohon pisang. FREEPIK/PVPRODUCTIONS Ilustrasi pisang, tanaman pisang, pohon pisang.

  • Siapkan air di dalam ember plastik sekitar 1,5 liter.
  • Tambahkan garam 500 gram ke dalam air. Aduklah sampai garam tercampur dan larut dengan air.
  • Kemudian masukkan 50 gram sabun deterjen bubuk. Aduk lagi sampai tercampur merata.
  • Jika sudah tercampur, siramkan larutan deterjen dan garam ke pohon pisang. Lalu siramkan ke sekeliling pohon secara merata.
  • Selanjutnya taburkan poradan. Bahan ini berguna untuk membuat jamur atau cacing penyebab layu fusarium mati dari tanah.
  • Biarkan pohon pisang layu dan mati dengan sendirinya. Bahkan jika memiliki anakan, biarkan saja anakan pohon pisang tersebut. Setelah pohon pisang yang terkena layu fusarium mati, anakan pisang akan tumbuh lagi dengan sehat.

Baca juga: Benarkah Air Kulit Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman?

Cara mencegah penyakit layu fusarium pada pohon pisang

Kamu bisa mencegah penyakit layu fusarium pada pohon pisang dengan memilih bibit yang unggul. Bisa juga dengan memastikan bila bibit pohon pisang yang kamu tanam bebas dari jamur.

Selain itu, kamu juga bisa mencegah dengan menaburkan dolomit atau kapur saat usia anakan pisang berusia 1 bulan. Serta dengan tidak menggunakan lagi sabit atau cangkul yang baru saja digunakan untuk memangkas pohon pisang yang terkena layu fusarium.

Layu fusarium bisa menyebar dengan cepat bila kamu tak mengatasinya dengan segera. Oleh karena itu, lebih baik segera menghilangkan pohon pisang yang sudah terkena layu fusarium daripada menyebar ke pohon pisang yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.