Kompas.com - 27/05/2022, 15:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Meletakkan buah di meja dapur tak jarang mengundang lalat buah muncul dan beterbangan di sekitarnya, bahkan hinggap pada buah tersebut. 

Lalat buah memiliki bentuk yang mirip dengan lalat pada umumnya meski ukurannya tergolong lebih kecil.

Baca juga: 3 Cara Mengusir Lalat Buah Tanpa Menggunakan Cuka

Kemunculan lalat buah tidak hanya mengotori buah sehingga tidak layak dikonsumsi, tetapi juga mengganggu dan membuat jijik. 

Disadur dari Martha Stewart, Jumat (27/5/2022), Chief Entomologist untuk National Pest Management Association, Jim Fredericks, menjelaskan bahwa lalat buah tidak muncul secara spontan dari dalam buah yang busuk. Lalat buah memakan ragi yang ditemukan pada buah yang membusuk. 

“Lalat buah dapat mendeteksi bau buah yang difermentasi dari jarak sangat jauh. Perawakannya yang kecil memungkinkannya memasuki rumah lewat celah sangat kecil, termasuk jendela dan pintu berkawat nyamuk (mesh),” ujar Fredericks.

Baca juga: Cara Membasmi Lalat Buah yang Beterbangan di Dalam Rumah

Lalat buah biasanya muncul dalam jumlah besar karena serangga ini berkembang biak dengan sangat cepat.

Lalat buah dapat bertelur hingga 500 telur sekaligus. Sesaat setelah telurnya menetas, lalat buah dapat hidup selama 25-30 hari. Karena itu, penting segera mengusir lalat buah dari rumah.

“Sama dengan spesies lalat lainnya, lalat buah memiliki empat tahapan dalam siklus hidupnya. Siklus ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu seminggu dalam kondisi ideal,” tutur Fredericks.

Baca juga: Ragam Cara Membasmi Lalat Buah di Rumah

Cara mencegah lalat buah

Ilustrasi lalat buahShutterstock/Ant Cooper Ilustrasi lalat buah

Kunci mencegah infestasi lalat buah di rumah adalah menghilangkan tempat yang menjadi tempat berkembang biaknya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.