Kompas.com - 26/03/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi lalat buah shutterstockIlustrasi lalat buah

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semut merayap hingga laba-laba yang menakutkan, hewan serangga pasti bukanlah sesuatu yang ingin kamu temukan di rumahmu, termasuk lalat buah.

Entah muncul dari mana, lalat buah yang berterbangan banyak tentu sangat mengganggu yang mana mereka akan memfermentasi buah dan sayuran di rumahmu.

Jika, kehadiran lalat buah sudah begitu mengganggu dan membuat suasana runah tidak lagi nyaman, kamu harus menyingsingkan lengan bajumu dan bergerak untuk membasminya.

Baca juga: Usir Lalat di Rumah dengan Perangkap dari Botol Air Bekas

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (26/03/2021), berikut ini tips untuk membasmi lalat buah yang berterbangan di rumahmu.

1. Gunakan cuka sari apel

Isi mangkuk atau gelas dengan cuka sari apel, tutupi dengan bungkus plastik dan karet gelang untuk menutup tepinya, dan buat lubang kecil di atasnya.

Lalat buah akan tertarik dengan cuka, tetapi setelah berada di dalam, lalat tidak akan bisa lepas dari penghalang pembungkus plastik, hingga pada akhirnya mereka terjebak dan tenggelam di larutan cuka sari apel.

2. Campur cuka sari apel dan sabun cuci piring

Isi mangkuk dengan cuka dan tambahkan setetes sabun pencuci piring, lalu aduk rata sampai kedua bahan itu larut.

Baca juga: Banyak Lalat Buah di Dapur dan Ruang Makan? Ini Cara Membasminya

Cuka sari apel menggoda lalat dengan rasa manisnya yang basi, dan sabun pencuci piring benar-benar berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan cairan, sehingga lalat segera terbenam saat menyelidiki dan tidak bisa melarikan diri.

3. Keluarkan bir tua

Tinggalkan sebotol anggur atau bir tua di dekat tempat lalat buah terlihat. Mereka akan terpikat oleh minuman basi, tetapi leher botol yang sempit berfungsi sebagai penghalang alami untuk menjebak mereka.

4 Metode kerucut kertas

Untuk cara ini, yang kamu butuhkan hanyalah selembar kertas, sedikit cuka dan sepotong kecil buah. Pastikan buah yang kamu gunakan sudah sangat matang (bagaimanapun juga ini akan menjadi umpan bagi lalat buah).

Ambil stoples kecil dan pindahkan cuka ke dalamnya. Beberapa sendok makan bahan yang sama sudah cukup. Kemudian tempatkan potongan buah tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.