Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Lalat di Rumah secara Alami dan Aman

Kompas.com - 11/02/2022, 08:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat merupakan salah satu serangga yang kerap mampir dan berdiam di dalam rumah. Lalat yang biasa masuk ke dalam rumah adalah salah satu jenis lalat dalam ordo serangga Diptera, yang memiliki satu set sayap.

Dilansir dari Healthline, Jumat (11/2/2022), lalat rumah memiliki panjang sekitar inci dan berwarna abu-abu. Lalat ini ditemukan hampir di mana-mana orang tinggal dan bertelur di kotoran hewan, sampah, serta bahan organik yang membusuk.

Infestasi lalat rumah mungkin tidak menjadi perhatian utama, tetapi juga dapat menyebarkan penyakit. Ada banyak cara yang aman dan mudah untuk mencegah infestasi atau membasmi lalat di rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah

Ada beberapa cara mengusir lalat yang bisa kita coba, termasuk menaruh bau yang dibenci lalat.
UNSPLASH/SIMON JOHN-MCHAFFLE Ada beberapa cara mengusir lalat yang bisa kita coba, termasuk menaruh bau yang dibenci lalat.

Apakah lalat berbahaya?

Dalam banyak kasus, infestasi lalat di rumah seringkali hanya mengganggu. Namun, lalat juga dapat membawa virus dan bakteri yang dapat menyebar saat mereka menggigit.

Penyakit yang mungkin dibawa oleh lalat rumah meliputi keracunan makanan, kolera, E. coli, demam tifoid, disentri, tuberkulosis, infeksi mata, hingga infeksi tropis yang disebut frambusia.

Cara mengusir lalat secara alami

Anda dapat mengusir lalat lalat secara alami tanpa pestisida. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Tanaman herbal dan bunga

Tanaman herbal dan bunga dapat ditanam baik di kebun maupun di luar ruangan lainnya untuk mengusir lalat dari rumah. Tanaman herbal dan bunga yang dapat mengusir lalat antara lain kemangi, marigold, lavender, daun salam, dan catnip.

Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Lalat Masuk ke Rumah

Sebagai bonus, beberapa tanaman herbal tersebut bisa digunakan untuk memasak juga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com