Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Benda Ini Sebaiknya Dibersihkan dengan Baking Soda dan Cuka

Kompas.com - 11/02/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun banyak produk pembersih yang dijual di pasaran untuk berbagai permukaan di rumah, Anda dapat menggunakan bahan yang ada di dapur. Cuka dan baking soda atau soda kue adalah produk pembersih alami yang serba bisa.

"Asam dalam cuka memecah soda kue, melepaskan gas karbon dioksida yang dapat membantu mengangkat kotoran dari permukaan yang sedang dibersihkan," kata Tonya Harris, pendiri Slightly Greener, dikutip dari Insider, Jumat (11/2/2022).

Untuk sebagian besar kegiatan pembersihan di rumah, Harris merekomendasikan untuk menggabungkan satu bagian soda kue dengan dua bagian cuka putih.

Baca juga: Cara Membersihkan hingga Mencegah Laba-laba Bersarang di Rumah

 

Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah.

Paduan kedua bahan itu dapat menghilangkan lemak dan mengangkat noda, imbuh Harris, terkadang lebih baik daripada pembersih yang dibeli di pasar swalayan.

Berikut beberapa benda di rumah yang sebaiknya dibersihkan dengan cuka dan baking soda.

1. Saluran air tersumbat

Tuangkan setengah cangkir baking soda ke dalam saluran air tersumbat, misalnya saluran air di kamar mandi, wastafel, atau wastafel dapur alias bak cuci piring.

Kemudian, ikuti dengan menuangkan satu cangkir cuka. Diamkan campuran tersebut selama sepuluh menit, lalu nyalakan keran air untuk membilas.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Sepatu Kotor dan Bau Tanpa Air

Kegiatan menggelegak ini dapat melonggarkan puing-puing yang terjebak yang memungkinkan saluran air mengalir dengan bebas lagi. Untuk kondisi sumbatan membandel, Anda mungkin perlu mengulangi prosesnya beberapa kali, saran Harris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com