Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 18:55 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun terlihat sepele, sisir rambut adalah salah satu benda di rumah yang wajib dibersihkan secara rutin.

Sisir rambut menjadi tempat berkumpulkan kulit mati, minyak dari kulit kepala dan rambut. Semakin lama sisir dibiarkan kotor, semakin sulit juga kotoran untuk lepas dan dibersihkan dengan sempurna.

Agar sisir menjadi bersih kembali beraroma segar seperti baru, kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Kandungan baking soda dapat mengikis kotoran dan membuatnya bersih dengan segera.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022), berikut ini adalah cara membersihkan sisir rambut menggunakan baking soda.

Baca juga: Trik Membersihkan Lantai dengan Cuka, Baking Soda, dan Air Sabun

Alat dan bahan

  • Baking soda
  • Sikat gigi bekas
  • Air
  • Wadah
  • Sampo
  • Handuk atau hair dryer untuk mengeringkan

Baca juga: Baking Soda Vs Pemutih, Mana yang Lebih Efektif untuk Pakaian Putih?

Cara membersihkan

Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap. FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap.

1. Hilangkan rambut yang menempel

Agar kotoran yang menempel di sisir dapat terkikis dengan sempurna, bersihkan rambut-rambut rontok yang melilit di sela sisir.

Jika rambut sulit untuk dibersihkan, kamu bisa menggunakan sisir lainnya atau tusuk gigi untuk mengambil sisa-sisa rambut.

Baca juga: Cara Membuat Pewangi Sepatu dari Baking Soda dan Arang Aktif

2. Buat larutan baking soda

Masukkan 1 sdm baking soda, 1 liter air dan sedikit sampo ke dalam baskom atau wadah. Pastikan air cukup untuk merendam keseluruhan sisir. Kamu bisa menggunakan air suhu ruang ataupun air hangat untuk merendam sisir.

3. Rendam sisir

Setelah campuran baking soda siap, masukkan sisir ke dalam wadah lalu rendam selama beberapa menit.

Tunggu hingga kotoran menjadi lebih lembut dan terangkat sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: Mengapa Baking Soda Ampuh Menghilangkan Bau Tidak Sedap?

4. Sikat sisir dengan sikat gigi

Untuk membersihkan sisa kotoran yang masih menempel di sisir, gunakan sikat gigi dengan bulu sikat ramping. Sikat hingga ke pangkal sisir dan pastikan tidak ada kotoran yang tersisa.

5. Keringkan sisir rambut

Untuk mengeringkan sisir rambut kamu bisa menggunakan handuk bersih dan biarkan hingga sisir mengering dengan sempurna. Selain itu kamu juga bisa mengangin-anginkannya dengan hair dryer berkekuatan rendah.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Pakai Cuka dan Baking Soda

6. Simpan di tempat yang tidak terkena debu

Setelah sisir bersih kembali, pastikan untuk tidak meletakkannya di area yang mudah terkena debu. Bersihkan sisir secara rutin agar sisir terhindar dari jamur dan bau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com