Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini 5 Tanaman yang Dapat Menarik Tikus Datang ke Rumah

Kompas.com - 26/05/2022, 14:55 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tikus bisa datang ke rumah karena mencium bau makanan yang sesuai dengan seleranya. Namun, yang bisa menarik tikus tak hanya makanan sisa di tempat sampah, tanaman yang kamu tanam di kebun atau dalam rumah juga bisa mengundang mereka datang.

Melansir dari Bestlife, Kamis (26/5/2022), setidaknya ada lima jenis tanaman yang membuat tikus tertarik untuk masuk ke rumah.

Sebaiknya kenali kelima jenis tanaman tersebut agar kamu bisa mencegahnya datang dan bersarang di rumah. Berikut ini lima tanaman yang membuat tikus tertarik untuk masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Cara Tikus Masuk ke Rumah

Rumput liar

Rumput liar di taman dan kebun memang bisa sangat mengganggu pandangan mata. Namun ternyata tak hanya membuat taman kurang estetik saja, rumput liar juga bisa mengundang tikus datang.

Hal ini karena ada beberapa spesies rumput yang disukai tikus seperti Elymus repens atau rumput sofa. Bahkan menurut penelitian, kebiasaan tikus mengunyah kabel didapat karena ia sering mengunyah rumput dengan batang berbentuk silinder.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah

Tanaman stroberi

Menanam tanaman stroberi di kebun atau taman mungkin akan membuatmu bahagia bila mereka berbuah. Akan tetapi, tikus juga bahagia dengan buah dari tanaman stroberimu. Sebab, mereka mendapatkan makanan gratis.

Tikus yang hidup liar di alam bebas pada umumnya ialah herbivora. Mereka memakan tanaman dan buah-buahan. Salah satu buah favorit tikus yaitu stroberi. Mereka akan senang memakan stroberi ketika masih belum matang.

Sebaiknya kamu menjaga baik-baik buah stroberi dengan meletakkannya sedikit lebih tinggi dari tanah agar tak kalah saing dengan tikus ketika sedang berbuah.

Baca juga: Kerap Tak Diduga, Begini Cara Tikus Bisa Masuk ke Dalam Rumah

Batang jagung

Ilustrasi jagung, tanaman jagung. PIXABA/JURAJKO Ilustrasi jagung, tanaman jagung.

Batang jagung dan jagung adalah makanan favorit tikus liar. Ini karena tikus suka mengunyah batang tanaman yang silinder. Selain itu, biji jagung yang terasa manis juga membuat tikus bersemangat untuk memakannya.

Bila kamu menanam jagung di kebun belakang, hati-hati saja tikus liar akan datang atau bersarang di dalam rumah. Sebaiknya kamu perlu membersihkan rumah lebih sering untuk mengidentifikasi apakah tikus sudah bersembunyi di rumah.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Tanpa Bahan Kimia

Umbi-umbian

Selain jagung, tikus liar juga tertarik dengan tanaman umbi-umbian seperti kentang, ketela, wortel, dan umbi jalar. Ini karena tanaman tersebut tumbuh rendah dan memudahkan mereka untuk memakannya.

Apabila kamu menanam sayur-sayuran tersebut di kebun belakang rumah, sebaiknya kini lebih berhati-hatilah. Lalu lakukan beberapa langkah untuk mengusir atau menakuti tikus agar tak masuk ke rumah dan bersarang di sana.

Baca juga: Tanpa Membunuh, 5 Cara Alami Mengusir Tikus dari Rumah

Bibit tanaman kacang-kacangan

Sebelum menanamnya di kebun atau ladang, kamu tentunya perlu membuat bibit tanaman di rumah.

Sayangnya tikus juga sangat menyukai tanaman kacang-kacangan sehingga membuat bibit kacang di rumah bisa mengundang mereka.

Namun, kamu bisa mencegahnya datang dengan beberapa cara alami. Salah satunya dengan menggunakan aroma cengkeh.

Taruh cengkeh di pintu masuk dan beberapa lubang yang menurutmu bisa menjadi jalan tikus untuk masuk ke dapur.

Aroma cengkeh yang kuat akan membuat indra penciuman tikus yang sensitif menjadi terganggu. Sehingga mereka akan kabur sebelum menyerang bibit tanaman polong dan buncis di dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com