Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan 3 Jenis Dinding di Rumah agar Tidak Kusam

Kompas.com - 26/05/2022, 12:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinding sama seperti lantai yang dapat kotor seiring berjalannya waktu, entah karena noda coretan dari pena atau krayon, serta debu yang dibiarkan menumpuk.

Walhasil, dinding akan terlihat kusam dan membuat tampilan rumah kurang menarik. Dengan demikian, mereka perlu dibersihkan secara rutin supaya mengilap kembali.

Baca juga: Cara Membersihkan Dinding Bekas Wallpaper, Siap untuk Dicat

Seorang ahli kebersihan dari Neat Services, Sean Parry, mengatakan bahwa menjaga kebersihan dinding sangatlah penting karena mereka kerap disentuh oleh manusia.

Disadur dari Hunker, Kamis (26/5/2022), dinding yang bersih juga dapat membantu menghilangkan jamur dan meningkatkan suasana hati karena ruangan akan terlihat lebih segar, ujar Service Quality Supervisor di Nifty Cleaning Services, Natalie Barrett.

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / VH-studio Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.

“Mungkin musuh terburuk di setiap rumah adalah jamur yang menodai dan menyerang dinding. Meski jamur ini ada hampir di setiap bangunan, jika terlalu banyak, mereka dapat menimbulkan kesehatan yang serius bagi penghuni rumah,” jelas Barrett.

Baca juga: 6 Cara Efektif Membersihkan Dinding Putih

Lantas, seperti apa cara membersihkan dinding? Simak lebih lanjut. Perlu dicatat, sebelum mulai membersihkan dinding, lakukan pengujian produk pembersih dulu di area dinding yang tidak terlalu terlihat.

Adapun langkah ini untuk memastikan bahwa cat dinding tidak akan luntur, wallpaper tidak akan rusak, atau dinding tidak akan mengalami kerusakan akibat dibersihkan.

1. Dinding yang dicat

Pendiri Detroit Maid, Danielle Smith Parker, mengungkapkan bahwa kamu perlu membersihkan debu terlebih dulu pada dinding yang dicat sebelum mulai membersihkannya.

Kemudian, siapkan ember berisi air dan larutan pembersih, serta spons. Celupkan spons ke dalam air sabun dan mulailah bersihkan dinding.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com