Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menyimpan Minyak untuk Memasak di Dapur agar Tidak Tengik

Kompas.com - 09/02/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak adalah salah satu bahan penting dalam memasak. Selain minyak sawit yang lazim digunakan, ada beberapa jenis minyak yang juga banyak digunakan untuk memasak, seperti minyak zaitun, minyak wijen, atau minyak nabati lainnya.

Menyimpan dengan benar setiap dan semua minyak yang digunakan untuk memasak adalah hal penting agar tidak mudah rusak.

Dikutip dari Real Simple, Rabu (9/2/2022), meskipun tidak sulit untuk disimpan dengan benar, beberapa minyak goreng bisa menjadi tengik jika tidak disimpan di tempat yang tepat di dapur.

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Minyak Goreng, dari Minyak Zaitun hingga Kenari

Ilustrasi minyak gorengDok. Pexels/ RODNAE Productions Ilustrasi minyak goreng

Penyimpanan yang tepat tergantung pada minyak goreng yang Anda gunakan, serta seberapa sering menggunakannya.

"Dalam hal menyimpan minyak, tidak ada cara yang cocok untuk semua. Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor di mana (minyak) terkena panas di dalam wadah mereka secara teratur," jelas chef selebriti dan pendiri dari Chefs Life Oils, Brian Malarkey.

"Minyak zaitun extra virgin (EVOO), minyak sayur, minyak kacang tanah, dan minyak kelapa harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap yang juga kering, sebaiknya jauh dari peralatan dapur dan sinar matahari karena paparan panas merusak minyak, dan pada gilirannya, bisa membuatnya tengik," imbuh Malarkey.

Minyak goreng tengik tidak hanya rasanya tidak enak, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda, kata Aysegul Sanford, seorang food blogger dan pemilik Foolproof Living.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Setrika Sendiri Pakai Minyak Esensial

"Proses (oksidasi) menghasilkan radikal bebas, yang dapat masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan jangka panjang. Untuk mencegah oksidasi, tujuannya adalah untuk membatasi jumlah kelembapan dan udara yang bersentuhan dengan minyak," tutur Sanford.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com