Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Tiket Taylor Swift Perancis, Ticketmaster Hentikan Penjualan

Kompas.com - 12/07/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

PARIS, KOMPAS.com - Masalah antara Ticketmaster dan tur "Eras" Taylor Swift belum berakhir.

Hal ini dipastikan berdampak pada penggemar yang berharap mendapatkan tiket Switf di Perancis.

Pada hari Selasa (11/7/2023) setelah beberapa penggemar melaporkan masalah dalam mengakses situs Ticketmaster, penjualan enam pertunjukan mendatang Swift di Paris dan Lyon tiba-tiba ditunda.

Baca juga: Wanita Ohio Melahirkan di Konser Taylor Swift

Dilansir dari Associated Press, penjelasan belum segera jelas, tetapi dalam posting di Twitter Ticketmaster Perancis beberapa jam setelah jeda dimulai, penjual tiket mengutip masalah dengan penyedia pihak ketiga.

Dalam postingannya, Ticketmaster menyatakan bahwa tiket ke pertunjukan Perancis masih tersedia dan penyedia sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin.

Perusahaan menambahkan bahwa kode apa pun yang tidak digunakan untuk pembelian tiket pada hari Selasa akan tetap berlaku.

Penggemar yang terkena dampak akan diberi tahu secara langsung tentang tanggal dan waktu penjualan baru. Waktu baru belum ditentukan.

Kekacauan hari Selasa tiba setelah kerusakan spektakuler yang terlihat November lalu selama penjualan tiket tur "Eras" Ticketmaster di AS.

Saat itu situs Ticketmaster mogok selama acara presale untuk tur stadion Swift dan ribuan orang kehilangan tiket setelah menunggu berjam-jam dalam antrean online.

Pada saat itu, perusahaan mengatakan situsnya kewalahan oleh penggemar dan serangan dari bot, yang menyamar sebagai konsumen untuk meraup tiket dan menjualnya di situs sekunder.

Baca juga: Jutaan Orang Berebut Tiket Konser Taylor Swift di Singapura, Ada Aksi Calo Juga

Perusahaan kemudian mengeluarkan permintaan maaf kepada Swift dan semua penggemarnya, terutama mereka yang memiliki pengalaman buruk saat mencoba membeli tiket.

Swift mengungkapkan rasa frustrasi atas nama penggemar pada bulan November, mencatat di Instagram bahwa hal itu sangat menyiksa baginya.

Banyak anggota parlemen menuduh Ticketmaster menyalahgunakan kekuasaannya sebagai penjual tiket yang dominan bagi konsumen.

Otoritas federal dan negara bagian bergerak untuk menyelidiki kegagalan tersebut.

Ticketmaster, yang bergabung dengan Live Nation pada tahun 2010, adalah penjual tiket terbesar di dunia, memproses 500 juta tiket setiap tahun di lebih dari 30 negara.

Baca juga: Kisruh Tiket Tur Taylor Swift, Anggota Kongres AS Sampai Turun Tangan

Sekitar 70 persen tiket untuk tempat konser besar di AS dijual melalui Ticketmaster, menurut data dalam gugatan federal yang diajukan oleh konsumen tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com