Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Hasil Pemilu Thailand | Ukraina Rebut 10 Lebih Pos Rusia

Kompas.com - 16/05/2023, 05:24 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com – Berita tentang hasil Pemilu Thailand yang menempatkan partai opisisi unggul jauh dari partai kubu militer memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita yang memuat kesiapan Pita Limjaroenrat menjadi PM Thailand berikutnya setelah partainya, Move Forward Party (MFP) mengeklaim kemenangan dalam pemilu kali ini.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait keberhasilan Ukraina merebut lebih dari 10 pos Rusia di pinggir Kota Bakhmut.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Afrika Selatan Dituding Pasok Senjata | Tokoh Gereja di Papua Siap Bantu Bebaskan Pilot

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Senin (15/5/2023) hingga Selasa (16/5/2023) yang dapat Anda simak:

1. Pemilu Thailand, Partai Oposisi Unggul Jauh dari Militer

Hasil sementara dari pemilu Thailand yang digelar pada Minggu (14/5/2023) menunjukkan bahwa partai oposisi unggul jauh dari kubu militer.

Keunggulan ini membuka peluang terbentuknya pemerintahan untuk mengakhiri hampir satu dekade kepemimpinan konservatif tentara.

Partai Move Forward (Gerakan Maju) yang liberal dan Partai Pheu Thai yang populis berada jauh di depan dengan 99 persen suara telah dihitung.

Baca selengkapnya di sini

2. Partainya Klaim Menang dalam Pemilu Thailand, Pita Limjaroenrat: Saya PM Berikutnya

Move Forward Party (MFP) pada Senin (15/5/2023) mengeklaim kemenangan dalam Pemilu Thailand yang dilakukan pada Minggu (14/5/2023).

Hasil penghitungan sementara Pemilu Thailand menujukkan bahwa MFP berhasil mengalahkan partai-partai yang didukung militer yang telah memerintah Thailand selama hampir satu dekade.

Dengan surat suara telah dihitung dari 99 persen tempat pemungutan suara, data Komisi Pemilihan Umum Thailand menunjukkan, MFP meraup 14,1 juta suara, diikuti oleh Pheu Thai pada 10,8 juta.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Serangan Balik Ukraina | Trump Tertawakan Vonis

3. Ukraina Rebut Lebih dari 10 Pos Rusia di Pinggir Bakhmut

Pasukan Ukraina pada Minggu (14/5/2023) merebut lebih dari sepuluh pos Rusia di pinggiran kota garis depan Bakhmut, Ukraina timur.

"Hari ini unit kami telah merebut lebih dari sepuluh pos musuh di pinggiran utara dan selatan Bakhmut," kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Ganna Malyar di media sosial.

"Tentara musuh dari berbagai unit telah ditangkap," lanjutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com