Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] AS Kemungkinan Gagal Bayar Utang | Sumpah Zelensky

Kompas.com - 09/05/2023, 05:35 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Berita yang memuat peringatan bahwa China dan Rusia dapat memanfaatkan “kekacauan” apabila AS gagal membayar utangnya memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita tentang sumpah Presiden Ukraina Zelensky akan mengalahkan pasukan Rusia seperti nasib Nazi Jerman pada Perang Dunia 2.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni memuat kabar konvoi diplomat Indonesia di Myanmar jadi sasaran serangan kelompok bersenjata tak dikenal.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] WHO Akhiri Darurat Covid-19 | Tonjokan Delegasi Ukraina

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Senin (8/5/2023) hingga Selasa (8/5/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. AS Kemungkinan Gagal Bayar Utang, China dan Rusia Diprediksi Raup Keuntungan

Pejabat AS memperingatkan bahwa China dan Rusia dapat memanfaatkan “kekacauan” yang akan terjadi apabila Amerika Serikat gagal membayar utangnya.

Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran AS, Shalanda Young, mengatakan kebuntuan di antara Partai Republik di DPR AS dan Presiden Joe Biden terkait pagu utang negara, alias batas maksimal sah bagi pemerintah AS untuk dapat meminjam uang demi melunasi utang-utangnya, menjadi kado bagi musuh-musuh Amerika.

“Mereka menyukai ini. Mereka suka melihat kekacauan dalam sistem Amerika. Mereka senang melihat kita tidak dapat melakukan tugas-tugas kita yang mendasar. Setidaknya ini menjadi sebuah ujian tentang apa yang berhasil di dunia. Apakah demokrasi masih berfungsi dengan baik ataukah cara China yang berhasil?,” ujar Young.

Baca berita selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Main Saat Idul Fitri Bocah Meninggal Dehidrasi | Serangan Balik Ukraina

2. Zelensky Bersumpah Rusia Akan Dikalahkan, Sama Seperti Nazi Saat Perang Dunia 2

Presiden Volodymyr Zelensky bersumpah bahwa pasukan Rusia akan dikalahkan di Ukraina.

Dia berseru nasib Rusia akan sama seperti Nazi Jerman yang dikalahkan dalam Perang Dunia 2 silam.

Zelensky berkata demikian saat memperingati Hari Kemenangan di Eropa pada Senin (8/5/2023). Itu adalah hari ketika Nazi Jerman menyerah kepada pasukan sekutu pada 8 Mei 1945.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Di Myanmar, Konvoi yang Bawa Diplomat Indonesia Diserang Kelompok Bersenjata

Konvoi diplomat yang melakukan perjalanan di Myanmar mendapat serangan dari kelompok bersenjata tak dikenal.

Myanmar seperti diketahui telah dilanda kekacauan sejak kudeta militer menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada Februari 2021.

Seorang diplomat asing yang berbasis di Yangon menyampaikan, bahwa sebuah konvoi beberapa kendaraan yang melakukan perjalanan di Kota Taunggyi di Negara Bagian Shan, Myanmar timur, diserang oleh kelompok bersenjata tak dikenal pada Minggu (7/5/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com