Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Hiu di Lepas Pantai California Selatan Capai Rekor Tertinggi

Kompas.com - 19/10/2020, 18:51 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sebuah kelompok penelitian hewan laut mengatakan mereka menemukan lebih banyak hiu di perairan lepas pantai California Selatan sejauh tahun ini dari yang pernah ada sebelumnya, lapor CBS lokal Los Angeles pada Sabtu (17/10/20).

Cal State Long Beach Shark Lab, yang memiliki 120 stasiun pengamatan bawah air dari San Luis Obispo hingga San Diego di sepanjang pantai California untuk melacak hiu, mengatakan timnya telah menandai adanya 38 hiu.

Melansir Xinhua News, jumlah tersebut tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah yang dapat mereka rangkum tahun lalu.

Baca juga: Hiu Putih Raksasa Ditemukan Kanada, Dijuluki Ratu Samudra Saking Besarnya

Chris Lowe, direktur laboratorium tersebut, mencuit temuan yang belum pernah terjadi sebelumnya itu di Twitter, mengatakan bahwa "bahkan di tengah Covid, kami menemukan lebih banyak hiu tahun ini daripada tahun lainnya," dan "pertanyaannya adalah mengapa begitu".

Dijelaskan Lowe, hiu biasanya pada musim gugur akan bermigrasi ke selatan karena suhu air di California Selatan semakin dingin, sehingga sangat mengejutkan bagi para peneliti ketika menemukan begitu banyak hiu yang masih berenang di kawasan itu pada tahun ini.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Berbahan Hati Hiu, Ahli Konservasi: Bencana Bagi Hiu dan Manusia

Menurut sebuah studi komprehensif tentang populasi hiu dunia yang dirilis pada Juli lalu, para ilmuwan yang menghabiskan penelitian selama empat tahun mengumpulkan 15.000 jam data video.

Ilmuwan menemukan penurunan populasi hiu di sejumlah wilayah di seluruh dunia akibat penangkapan ikan yang berlebihan dan perubahan iklim, tetapi populasi hiu di California justru berkembang pesat.

Di sisi lain, CBS melaporkan meski kehadiran hiu meningkat, para peselancar tidak merasa terganggu oleh predator laut tersebut.

Baca juga: Bocah Laki-laki Ini Diseret Hiu dari Perahu, Kasus Fatal Ke-5 Tahun Ini di Australia

Stasiun pengamatan bawah air yang dikelola oleh Cal State Long Beach Shark Lab menyediakan sistem peringatan dini bagi penjaga pantai di California Selatan sehingga mereka dapat memberi tahu orang-orang yang berada di perairan jika ada hiu di sekitar mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com