Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beijing Alami 27 Kasus Domestik Baru Covid-19, WHO Khawatir

Kompas.com - 16/06/2020, 11:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China melaporkan, terdapat 27 kasus domestik baru Covid-19 di Beijing, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai menyuarakan kekhawatirannya.

Kasus baru itu membuat penularan virus corona yang terkonfirmasi di ibu kota Negeri "Panda" menjadi 106, dalam lima hari terakhir.

Pemerintah kota Beijing pun sudah bergerak cepat dengan menutup 30 permukiman, dengan tes menyasar puluhan ribu penduduk.

Baca juga: Karena Virus Corona di Talenan Salmon, 11 Perumahan di Beijing Kena Lockdown

Diberitakan CCTV, otoritas setempat menutup satu lagi pasar, Tiantaohonglian di Distrik Xicheng, setelah salah satu pegawainya positif Covid-19.

Dilansir AFP Selasa (16/6/2020), sebagai pencegahan, pemerintah kota menutup tujuh permukiman yang dekat dengan lokasi infeksi.

WHO menyatakan, klaster baru virus corona ini membuat mereka khawatir, mengingat ukuran Beijing dan vitalnya kota tersebut.

"Klaster seperti ini mengkhawatirkan dan perlu diinvestigasi dan ditekan, seperti yang dilakukan China saat ini," jelas direktur kedaruratan Mike Ryan.

Pejabat lokal menerangkan, mereka akan memberi tes baik untuk pemilik lapak maupun manajer toko makanan, restoran, dan kantin yang dikelola pemerintah.

Beberapa kegiatan olahraga dan hiburan diminta untuk ditutup, dengan kota tetangga menyatakan mereka siap mengarantina siapa pun yang baru saja dari ibu kota.

Baca juga: Setelah Hampir 2 Bulan Tanpa Kasus, Beijing Laporkan Infeksi Covid-19

Komisi Kesehatan Nasional China menuturkan, mereka melaporkan adanya empat kasus domestik baru di Provinsi Hebei, yang mengelilingi Beijing.

Ada juga penularan yang terkonfirmasi di Provinsi Sichuan, yang berlokasi di barat laut Negeri "Panda", dan berhubungan dengan klaster Beijing.

Pemerintah menjelaskan, semua kasus yang terkonfirmasi ada hubungannya dengan Pasar Xinfadi, yang dikunjungi 200.000 orang sejak 30 Mei.

Lebih dari 8.000 pekerja pasar tersebut sudah menjalani pemeriksaan, dan dilaporkan dikirim ke fasilitas karantina terpadu.

Sebelum klaster ini muncul, kebanyakan kasus yang diumumkan berasal dari warg China yang baru saja kembali dari luar negeri.

Baca juga: China Takut Gelombang Kedua Covid-19 Meningkat, Seiring Bertambah Kasus Infeksi Baru

Pusat Pengendalian dan Penyakit (CDC) menyatakan, mereka menemukan galur virus di Xinfadi yang menyebabkan "wabah di Eropa".

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com