Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Virus Corona di Talenan Salmon, 11 Perumahan di Beijing Kena Lockdown

Kompas.com - 13/06/2020, 13:11 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China melaporkan 11 kasus infeksi virus corona baru pada Sabtu (13/6/2020) termasuk 6 orang di Beijing yang membuat warga khawatir akan gelombang baru wabah Covid-19.

Mayoritas kasus yang terjadi di China selama beberapa bulan terakhir merupakan kasus impor atau dialami oleh WNA.

Sedangkan kasus domestik sebagian besar terkendali setelah Covid-19 pertama kali muncul di pusat kota Wuhan tahun lalu.

Baca juga: Setelah Hampir 2 Bulan Tanpa Kasus, Beijing Laporkan Infeksi Covid-19

Kasus-kasus baru di Beijing lantas mendorong pejabat untuk menunda kembalinya pelajar sekolah dasar (SD) dan menunda semua acara olahraga juga makan bersama.

Pemerintah kota pada Jumat juga menutup dua pasar daging yang dikunjungi oleh salah satu pasien infeksi yang diketahui.

Kepala pasar grosir daging Xinfadi mengatakan kepada media negara Beijing News bahwa virus itu terdeteksi pada sebuah talenan yang digunakan untuk menangani ikan salmon impor.

Baca juga: Beijing Larang Warganya Berperilaku Tak Beradab di Tengah Covid-19

Jaringan supermarket besar itu termasuk Wumart dan Carrefour kemudian membuang semua stok salmon dalam waktu semalam di Beijing namun mengatakan pasokan produk lain tidak akan terpengaruh sebagaimana dilaporkan Beijing Daily pada Sabtu (13/6/2020).

Dua pasar itu dijaga ketat oleh petugas polisi sebanyak puluhan orang yang dilaporkan oleh wartawan dari media Perancis AFP.

Lockdown kemudian diterapkan pada 11 perumahan di Beijing selatan karena sekelompok kasus virus corona terkait dengan pasar daging tersebut.

Baca juga: Dokter di Wuhan yang Kulitnya Menghitam Meninggal, Publik China Marah

Tujuh dari kasus itu sejauh ini dikaitkan dengan pasar daging Xinfadi, enam di antaranya dikonfirmasi pada Sabtu, kata para pejabat.

Oleh karenanya, sebagian area Beijing menerapkan lockdown untuk menihilkan kasus infeksi di klaster virus baru tersebut.

Virus corona dipercaya menular dari hewan ke manusia di sebuah pasar Seafood di Wuhan pada akhir tahun lalu yang menjual satwa liar untuk dikonsumsi.

Kasus infeksi baru domestik pertama Beijing setelah dua bulan wabah berlalu dilaporkan pada Kamis lalu. Pihak berwenang mengonfirmasi dua infeksi lagi pada hari berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com