Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Sebut Virus Corona Ada di Wuhan Sejak Agustus 2019, Ini Respons China

Kompas.com - 10/06/2020, 12:42 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Daily Mail

BEIJING, KOMPAS.com - China menolak adanya laporan yang mengatakan bahwa Covid-19 telah merebak sejak musim panas tahun lalu setelah sebuah penelitian menemukan adanya peningkatan aktivitas lalu lintas di lingkungan Rumah Sakit Wuhan Agustus 2019.

Pejabat pemerintah China menyangkal adanya laporan yang mereka sebut sebagai laporan konyol itu.

Sanggahan itu keluar satu hari setelah penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas lalu lintas di luar Rumah Sakit Wuhan akhir musim panas tahun lalu.

Ditambah adanya peningkatan pencarian kata kunci 'gejala mirip virus corona' di internet di China sebelum musim gugur sebagaimana dilansir Daily Mail.

Itu tentu jauh lebih awal dari apa yang diperkirakan sebelumnya. Namun, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying menolak hasil temuan penelitian itu.

Baca juga: Virus Corona Diperkirakan Muncul di Wuhan sejak Agustus 2019

Melalui rapat pers singkat dia berkata, "Saya pikir itu konyol, sangat konyol, memiliki konklusi seperti itu berdasarkan pengamatan yang dangkal seperti volume lalu lintas."

Studi penelitian itu dilakukan oleh Harvard Medical School yang dipimpin Dr John Brownstein, yang menganalisis citra satelit komersial.

Tim Dr John mengobservasi adanya lonjakan lalu lintas di luar lima rumah sakit besar di Wuhan sejak akhir musim panas dan hampir menuju musim gugur 2019.

Menurutnya sebagaimana dilansir ABC News, lonjakan lalu lintas itu bertepatan dengan meningkatnya pencarian orang di internet tentang gejala-gejala yang mirip dengan virus corona.

Hasil temuan itu mengatakan lalu lintas rumah sakit dan pencarian data gejala penyakit di Wuhan mendahului awal mula dokumentasi wabah Sars-Cov-2 alias virus corona pada Desember 2019.

Sebuah data grafik menunjukkan angka-angka mobil mulai meningkat pada Agustus dan memuncak pada Desember sebelum musim gugur dan lockdown diterapkan.

Baca juga: Dokter di Wuhan yang Kulitnya Menghitam Meninggal, Publik China Marah

Dr John mengatakan penelitiannya melihat gambar-gambar untuk mencoba dan menilai pola perilaku di antara komunitas yang bisa membantu menjelaskan sumber mula virus.

Tim Dr John telah menghitung jumlah mobil di luar rumah sakit-rumah sakit besar di Wuhan menggunakan gambar satelit pribadi dan menemukan adanya peningkatan volume tajam yang bermula pada Agustus 2019 dan mencapai puncaknya pada Desember 2019.

Menurut Dr John, tempat parkir akan penuh saat rumah sakit sibuk. Jadi, makin banyak mobil di rumah sakit, makin sibuk rumah sakit itu, kemungkinan karena ada sesuatu hal yang terjadi di masyarakat atau pun perkembangan infeksi dan orang-orang harus menemui dokter.

Dr John Brownstein mengatakan hasil temuannya menunjukkan sesuatu telah terjadi di Wuhan saat itu dan laporan itu juga menemukan antara September dan Oktober 2019, sebanyak 5 dari 6 rumah sakit menunjukkan volume harian kendaraan yang relatif tinggi bertepatan dengan meningkatnya pencarian kata 'diare' dan 'batuk' di internet.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com