Kompas.com - 10/06/2020, 11:17 WIB

MINNESOTA, KOMPAS.com - Permakaman George Floyd, seorang pria Afrika-Amerika yang kematiannya terjadi setelah ditangkap oleh petugas Polisi Minneapolis dan memicu protes di seluruh dunia menuntut keadilan rasial.

Para pembicara di Gereja Houston, Texas berbaris untuk mengenang pria yang dinilai jahat karena lahir sebagai seorang kulit hitam.

Floyd tewas di Minneapolis bulan lalu setelah seorang petugas polisi Minneapolis menindih lehernya dengan lutut hampir 9 menit. Detik-detik terakhirnya tersebar dalam rekaman video yang beredar viral.

Empat petugas polisi yang terlibat dalam kematiannya telah dipecat, didakwa dan ditahan.

Peti mati Floyd diantar dari gereja dengan barisan motor menuju Pemakaman Houston di mana dia akan dimakamkan di sisi ibundanya.

Salah satu keponakan Floyd, Brooke Williams menuntut perubahan dalam hukum. Menurut perempuan itu, desain hukum yang ada telah merugikan warga kulit hitam.

"Kenapa sistem ini harus korup dan rusak?" tanya Brooke, "Hukum telah merugikan warga Afrika-Amerika. Dan hukum itu harus diubah. Mohon jangan ada lagi kejahatan kebencian! Seseorang pernah berkata akan 'Membuat Amerika Hebat Lagi', tapi kapan Amerika benar-benar pernah hebat?"

Baca juga: Pengacara Thomas Lane: George Floyd Berada dalam Pengaruh Obat Saat Ditangkap

Lawan Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat untuk Pilpres November mendatang, Joe Biden menyampaikan sesuatu untuk upacara permakaman Floyd melalui pesan video, 

"Ketika ada keadilan untuk George Floyd, kita akan benar-benar berada dalam jalur kita menuju keadilan rasial di Amerika."

Biden telah mengkritik Presiden Trump secara tajam. Menuduh Trump telah membuat pernyataan spekulatif tentang Floyd pada akhir pekan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.