Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2020, 07:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Pilot jet tempur F-15 AS yang jatuh di Laut Utara, lepas pantai Yorkshire, Inggris, ditemukan tewas setelah dilakukan pencarian.

Operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) skala besar langsung dilakukan setelah F-15C Eagle hilang di dekat Flamborough Head, Yorkshire Timur.

Jet tempur itu berasal dari 48th Fighter Wing, yang berbasis di pangkalan Angkatan Udara Inggris (RAF) di Lakenheath, Suffolk.

Baca juga: Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Laut Inggris, Pilot Belum Ditemukan

Komandan 48th Fighter, Wing, Kolonel Will Marshall, menyatakan bahwa mereka sudah menemukan pilot F-15 dalam keadaan sudah tewas.

"Ini adalah kehilangan besar bagi keluarga 48th Fighter Wing. Dengan berat kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan Skuadron 493rd Fighter," ujar Marshall.

Dilansir Sky News Senin (15/6/2020), identitas pilot tersebut tidak akan dirilis sebelum angkatan udara memberi tahu pihak keluarga.

Pesawat itu dilaporkan jatuh pukul 09.40 waktu setempat, dengan Coastguard berhasil melacak lokasi jet tempur itu kandas pada sore harinya.

Dalam rilisnya, 48th Fighter Wing menyatakan bahwa pesawat buatan McDonnell Douglas itu tengah berada dalam misi terbang rutin.

Kolonel Marshall sempat mengutarakan, dia berharap anggota mereka ditemukan. Adapun penyebab jatuhnya pesawat itu masih misterius.

Baca juga: Jet Tempur F-15 Amerika Serikat Jatuh, Inggris Bantu Cari Pilot yang Hilang

Sebelum kecelakaan itu dicatat, RAF Lakenheath sempat mengunggah foto tiga jet tempur mereka tengah melakukan misi penerbangan.

Koresponden pertahanan dan keamanan, Alistair Bunkall, meyakini saat insiden terjadi, ada empat pesawat tempur yang berpartisipasi.

Bunkall menjelaskan, area lokasi jatuhnya F-15C tersebut sering dipakai militer baik Inggris maupun AS untuk menggelar latihan.

Coastguard mengatakan, mereka langsung melakukan koordinasi setelah menerima laporan pesawat itu jatuh sekitar 74 mil laut di Flamborough Head.

F-15C, jet tempur dengan tempat duduk tunggal, merupakan senjata yang sudah dipakai AS mempertahankan udara sejak 1979 silam.

Juru bicara RAF menuturkan, pesawat yang mempunyai kecepatan tertinggi 3.017 km per jam tersebut mempunyai "catatan keselamatan terbang luar biasa".

Baca juga: Terbang dengan Kokpit Terbuka, F-15 Milik Israel Mendarat dengan Selamat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com