Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Perang Dunia II, Bendera Soviet Berkibar, Berlin Jatuh ke Tangan Sekutu

Kompas.com - 09/05/2020, 13:07 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Editor

KOMPAS.com - Setelah hampir selama empat tahun terlibat dalam pertempuran sengit, pasukan Uni Soviet akhirnya melancarkan serangan ke Berlin pada 16 April 1945.

Pasukan Nazi Jerman sebelumnya menginvasi Uni Soviet pada Juni 1941 dan membunuh puluhan juta warga sipil dan serdadu negara tersebut.

Tapi, pada April 1945, Nazi Jerman di bawah kepemimpinan Adolf Hitler berlutut. Lini pertahanan yang rapuh dan tidak terorganisir harus menghadapi serangan dua kelompok tentara Soviet dari arah timur dan selatan.

Baca juga: Sosok Oskar Fischinger, Animator di Zaman Hitler dalam Google Doodle

Secara keseluruhan, sekitar 1,5 juta serdadu Soviet mengepung dan menyerbu ibu kota Jerman. Serangan itu adalah gempuran besar-besaran terakhir dalam perang di Eropa.

Pasukan Uni Soviet mengepung dan menyerang Berlin dari darat dan udara.GETTY IMAGES/BBC Indonesia Pasukan Uni Soviet mengepung dan menyerang Berlin dari darat dan udara.

Adolf Hitler menolak meninggalkan Berlin. Dia menghabiskan hari-hari terakhir dalam hidupnya di bawah tanah Kota Berlin, di suatu tempat yang disebut Fuhrerbunker.

Publik terakhir kali melihatnya saat dia berulang tahun ke-56, pada 20 April 1945. untuk menyematkan medali ke sejumlah orang yang mempertahankan kota.

Baca juga: Adolf Hitler, Bagaimana Pemimpin Nazi Ini Meninggal dan Mengapa Banyak Misteri di Seputar Kondisi Jenazahnya?

Pada hari yang sama, pasukan Soviet mulai membombardir pusat kota. Tiga hari kemudian, Berlin sepenuhnya terkepung.

Saat itu, pasukan Nazi kalah jumlah dan senjata. Mereka hanya bisa memperlambat laju tentara Soviet.

Pada 30 April 1945, Hitler bunuh diri, satu hari setelah menikahi Eva Braun. Jenazah mereka dibawa ke atas dan dibakar di tanah bekas ledakan bom dekat situ.

Nazi mengerahkan kaum lansia dan anak-anak untuk mempertahankan ibu kota. Dalam foto ini terlihat Adolf Hitler memberikan medali kepada salah seorang serdadu berusia 12 tahun.GETTY IMAGES/BBC Indonesia Nazi mengerahkan kaum lansia dan anak-anak untuk mempertahankan ibu kota. Dalam foto ini terlihat Adolf Hitler memberikan medali kepada salah seorang serdadu berusia 12 tahun.

Baca juga: Rumah Tempat Pemimpin Nazi Hitler Lahir Bakal Jadi Kantor Polisi

Tidak lama berselang, pasukan Soviet merebut gedung parlemen Jerman alias Reichstag. Sebuah foto terkenal yang memperlihatkan seorang serdadu Soviet mengibarkan bendera di atas gedung menggambarkan peristiwa tersebut.

Berlin secara resmi menyerah pada 2 Mei, walau pertempuran di kota itu masih berlangsung sampai kemenangan tentara sekutu di Eropa terjadi pada 8 Mei 1945.

Kondisi Kota Berlin sendiri dipenuhi puing-puing. Pasukan Soviet yang menduduki kota, membagikan roti dan kebutuhan pokok kepada warga sipil. Namun, sejumlah serdadu juga melakukan kekejian terhadap mereka.

Baca juga: Catatan Tua Ungkap Keprihatinan Orang Indonesia saat Hitler Kuasai Belanda

Berlin kemudian dikuasai negara-negara sekutu setelah perang berakhir.

Pasukan Soviet membagikan sup dan roti kepada warga yang bertahan setelah jatuhnya kota.GETTY IMAGES/BBC Indonesia Pasukan Soviet membagikan sup dan roti kepada warga yang bertahan setelah jatuhnya kota.

Selagi warga sipil membersihkan kota , para pemimpin Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet bertemu di kota Potsdam di pinggir Berlin beberapa bulan setelah perang berakhir untuk membentuk perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com