Sosok Oskar Fischinger, Animator di Zaman Hitler dalam Google Doodle

Kompas.com - 29/04/2020, 16:07 WIB
Google Doodle 29 April 2020: Fischinger GoogleGoogle Doodle 29 April 2020: Fischinger

KOMPAS.com - Hari ini Google kembali mengeluarkan doodle khususnya dalam rangka menemani masyarakat yang masih harus beraktivitas dari dalam rumah di tengah pandemi Covid-19.

Tema doodle hari ini diambil dari doodle lama yang pernah ditampilkan pada 2017, yakni Oskar Fischinger.

Lantas siapa Oskar Fischinger?

Baca juga: Google Rilis Pixel Buds 2, Earphone TWS Pesaing Apple AirPods

Musisi di era Nazi

Fischinger yang bernama lengkap Oskar Wilhelm Fischinger merupakan artis, musisi, dan pembuat film Jerman-Amerika yang membuat karya-karya menakjubkan dari seni visual animasi yang digubahnya ke dalam musik.

Ia meninggalkan negaranya di era Nazi untuk melanjutkan berkarya di Hollywood pada 1935, karena Hitler tidak mengizinkan adanya seni abstrak.

Padahal jenis kesenian itu merupakan kegemaran Fischinger. Ia pun rela mengerjakan karya yang diinginkannya secara manual meskipun didera lelah yang amat sangat.

Seni di zaman serba modern seperti sekarang ini mungkin sudah begitu mudah tercipta dengan bantuan komputer, akan tetapi tidak di zaman itu. Seni dikerjakan dengan melibatkan hati dan kreatifitas artis yang membuatnya.

Baca juga: Layanan Gaming Google Stadia Tembus 1 Juta Unduhan

Peringatan ulang tahun 

Pada 2017, Google membuat doodle Fischinger sebagai peringatan ulang tahun sang seniman yang ke-177, jika ia masih ada di dunia ini.

Hari ini, Rabu (29/4/2020), perusahaan raksasa itu kembali menampilkan doodle lama dari tahun 2017, untuk mengenang kembali Fischinger sembari melewati waktu dari dalam rumah.

Hal itu disebutkan dalam keterangan yang dibuat sebagai pelengkap doodle yang muncul hari ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X