Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, Barista Indonesia Raih Juara 3 World Brewers Cup 2024

Kompas.com - 20/04/2024, 09:13 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barista asal Indonesia, Ryan Wibawa menempati peringkat tiga World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat, pada Minggu (14/4/2024).

Ini adalah kali pertama perwakilan Indonesia berhasil masuk tiga besar World Brewers Cup sejak kompetisi tingkat dunia ini diadakan pertama kali pada 2011.

Baca juga: Kopi Indonesia Tampil pada Pameran Kopi Terbesar di Inggris dan Eropa

"Sebelumnya, 2022 lalu ada John Christopher, wakil Indonesia di World Brewers Cup dan bisa masuk peringkat lima. Bisa dibilang ini pencapaian tertinggi kita, Indonesia, dapat peringkat ketiga tahun ini," ujar Ryan kepada Kompas.com, Jumat (19/4/2024).

Ryan membawa tiga jenis kopi, termasuk kopi asal Indonesia, yakni Windy Ridge Geisha, El Diviso Ombligon, dan Sukawangi Excelsa dari Sumedang, Jawa Barat.

Barista asal Indonesia, Ryan Wibawa, menempati peringkat tiga World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat pada Minggu (14/4/2024).DOK. Tony Pramana Barista asal Indonesia, Ryan Wibawa, menempati peringkat tiga World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat pada Minggu (14/4/2024).

Sementara itu, peserta lainnya membawa jenis kopi lain, seperti kopi dari Etiopia, kopi asal Kolombia, dan kopi single origin dari negara lainnya.

"Tema kopi yang saya bawa memang harmony from diversity. Jadi, bagaimana saya menggabungkan ketiga kopi yang asal, prosesnya, dan varietasnya berbeda," tutur Ryan.

Ia mendapatkan inspirasi konsep ini dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika untuk menggambarkan ragamnya latar belakang setiap orang di industri kopi.

Mengingat peran setiap orang dalam industri kopi yang memiliki latar belakang berbeda, mulai dari petani, barista, hingga penikmat kopi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com