Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto dan Sate Ayam Diserbu Pengunjung di Bazar Kota Cuenca Ekuador

Kompas.com - 12/11/2023, 15:06 WIB
Helene Le Quellec,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuenca, kota besar ketiga di negara Ekuador yang beribu kota di Quito.

Secara geografis kota ini berada di bagian Selatan negara Ekuador, di Pegunungan Andes dan berada di tepian Sungai Tomebamba.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke 203 tahun Kota Cuenca berlangsung pada 2-5 November 2023, berpusat di sepanjang jalan sungai Tomebamba, taman, dan  lapangan Kota Cuenca.

Sebanyak 800 tenda dipasang untuk para peserta menjual hasil kerajinan tangan dan makanan. Tidak ketinggalan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ekuador menjual aneka makanan khas Indonesia. 

Pada tahun-tahun sebelum, KBRI di Ekuador menampilkan tarian daerah Indonesia. 

Baca juga:

"Ide memperkenalkan makanan Indonesia di Ekuador dengan menjual makanan Indonesia, muncul setahun yang lalu, setelah melihat beberapa peserta pameran menjual aneka makanan," kata Rani Rindang Kasih, istri dari Duta Besar RI untuk Ekuador, Agung Kurniadi.

Rani menyebutkan, stan makanan khas Indonesia ini adalah awal dari tujuan jangka panjang untuk mencari pihak restoran yang mau menyajikan makanan Indonesia dalam menu regularnya. 

Pihak KBRI mulai melakukan pendekatan dengan sebuah hotel yakni Hotel San Juan  yang letaknya di  jantung kota lama Cuenca. Hotel cantik bernuansa kolonial ini memiliki restoran yang selalu ramai pada saat jam makan siang.

Awal pembicaraan sekilas dengan pihak hotel diadakan pada bulan Desember 2022 dan kemudian pembicaraan lebih serius dan detail dimulai sejak Agustus 2023.

Mereka menyetujui untuk bekerja sama dengan KBRI dalam mengikuti bazar makanan yang menyajikan masakan Indonesia. 

Pihak hotel membantu dalam menyiapkan peralatan masak, membeli bahan-bahan makanan, menyiapkan beberapa staff yang akan membantu di stan makanan Hari Ulang Tahun Kota Cuenca.

Adapun makanan yang dijual adalah soto ayam, sate ayam, mi goreng, bakwan Jagung dan nastar. Semuanya dijual seharga 3,5 dollar AS atau setara Rp 55.000  untuk seporsi makanan atau sekotak kue.

Baca juga: Resep Nastar Cengkeh, Kue Kering dengan Aroma Khas Menggiurkan

Warga Ekuador menikmati makanan khas Indonesia di Hari Ulang Tahun ke 203 tahun Kota Cuenca berlangsung pada 2-5 November 2023.Dok. Helene Le Quellec Warga Ekuador menikmati makanan khas Indonesia di Hari Ulang Tahun ke 203 tahun Kota Cuenca berlangsung pada 2-5 November 2023.

Sate ayam dan bakwan jagung menarik minat masyarakat Ekuador pada bazar tersebut, mengingat makanan utama orang Ekuador adalah jagung dan nasi. 

Selain itu, Ekuador juga memiliki berbagai jenis sup dan kebanyakan didominasi oleh rasa asam dari perasan lemon.

Maka, soto ayam menjadi santapan yang mudah diterima dan disukai warga Ekuador karena didalamnya ada perasan jeruk nipis. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com