Kompas.com - 24/09/2021, 18:07 WIB
Ilustrasi nastar, kue kering khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/KETUT MAHENDRIIlustrasi nastar, kue kering khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

KOMPAS.com - Nastar merupakan kue kering yang biasa ada di stoples camilan saat Lebaran. Kalau kamu ingin membuatnya, ada banyak variasi resep nastar.

Salah satunya, resep nastar cengkeh. Pada resep kue kering ini menghasilkan tekstur nastar yang renyah dengan isi selai nanas yang legit.

Baca juga:

Cocok untuk mengisi stoples camilan di rumah. Kamu bisa mengikuti cara membuat nastar renyah dari buku “Resep Kue Bakulan @Mbaiyya Hits di Instagram” (2018) oleh Ira Isnaini terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep nastar cengkeh

Bahan:

  • 300 gram salted butter
  • 90 gram gula halus
  • 3 butir kuning telur
  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram susu bubuk instan
  • 80-100 gram keju parut
  • 80-100 gram keju parut
  • Cengkeh secukupnya

Bahan untuk isi nastar:

  • Selai nanas homemade secukupnya

Bahan untuk olesan nastar:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdt minyak
  • 1 sdt susu kental manis

Cara membuat nastar cengkeh

Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Sebelum dipanggang, adonan nastar diolesi dengan campuran kuning telur dan pewarna makanan kuning. SHUTTERSTOCK/DIADE RIVA NUGRAHANI Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Sebelum dipanggang, adonan nastar diolesi dengan campuran kuning telur dan pewarna makanan kuning.

  1. Siapkan wadah bersih. Tambahkan mentega, gula, telur, dan keju ke dalam wadah. Kocok sampai tercampur saja, mungkin selama satu sampai dua menit.
  2. Masukkan bahan kering yang sudah diayak, aduk perlahan hingga rata. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit agar adonan tidak melebar saat digunakan.
  3. Ambil adonan sedikit demi sedikit bentuk bulat masing-masing delapan gram. Isi adonan dengan selai nanas. Tutup dan beri cengkeh di atas nastar. Tata di loyang, loyangnya tidak perlu dioles bahan lainnya.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama 30 menit hingga matang. Keluarkan oven dan dinginkan sebentar. Oles dengan bahan olesan. Oles sekali lagi, lalu keringkan sebentar dan panggang lagi. Panggang selama tiga sampai lima menit. Angkat dan biarkan dingin. Susun dalam stoples camilan dan tutup rapat.

Buku “Resep Kue Bakulan @Mbaiyya Hits di Instagram” (2018) oleh Ira Isnaini terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.