Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Roti Sourdough Simpel, Bikin Biangnya Dulu

Kompas.com - 22/08/2023, 15:59 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahan utama roti sourdough adalah biang alami yang terbuat dari tepung terigu protein tinggi dan air yang didiamkan selama setidaknya 24 jam.

Beda roti biasa dengan roti sourdough utamanya dari ragi yang digunakan. Roti biasa menggunakan rati kering siap pakai, sedangkan roti sourdough memakai biang alami.

Suhu panggang roti sourdough cukup tinggi di atas 200 derajat celsius dengan durasi 25 hingga 30 menit.

Hal ini membuat tekstur luar roti sourdough keras, sedangkan bagian dalamnya lentur berongga.

Simak cara membuat roti sourdough dari BBC Good Food berikut.

Baca juga:

Resep roti sourdough

Bahan roti sourdough

  • 100 gram tepung terigu protein tinggi atau tepung khusus roti
  • 100 gram tepung gandum hitam organik (rye flour)
  • 0,5 x 7 gram saset ragi kering

Bahan adonan utama

  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 0,5 x 7 gram saset ragi kering

Baca juga:

Ilustrasi starter atau ragi alami untuk membuat roti sourdough. SHUTTERSTOCK/FASCINADORA Ilustrasi starter atau ragi alami untuk membuat roti sourdough.

Cara membuat roti sourdough

  1. Biang alami: masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan tambahkan 250 ml air dingin. Aduk hingga tercampur rata menggunakan sendok sampai membentuk adonan. Tutup dengan plastic wrap dan diamkan pada suhu ruangan setidaknya semalaman. Lebih baik lagi didiamkan hingga 24 jam.
  2. Adonan roti: masukkan bahan ke dalam mangkuk bersih dan tambahkan satu sendok makan garam halus, 200 ml air dingin dan biang alami. Campur semua bahan sampai membentuk adonan, tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kaku.
  3. Taruh adonan di atas permukaan yang sudah diberi sedikit tepung dan uleni setidaknya selama 10 menit hingga halus, elastis, dan kenyal. Proses ini akan memakan waktu 5-7 menit dengan mikser.
  4. Masukkan adonan ke dalam mangkuk bersih yang sudah diolesi sedikit minyak, tutup dengan plastic wrap dan biarkan hingga mengembang dua kali lipat. Durasinya sekitar satu jam pada suhu ruang atau tiga jam di kulkas.
  5. Letakkan adonan di atas permukaan yang sudah ditaburi tepung dan bentuk perlahan menjadi bulat. Jangan tekan adonan terlalu keras agar tidak banyak udara yang keluar.
  6. Taburi selembar kertas roti dengan tepung dan letakkan adonan di atasnya. Tutup dengan serbet dan diamkan selama satu jam hingga mengembang dua kali lipat.
  7. Panaskan oven dengan suhu 220 derajat celsius. Letakkan loyang datar yang kokoh di rak tengah oven dan loyang yang lebih kecil di bawahnya.
  8. Taburi adonan dengan tepung dan sayat permukaan adonan pakai pisau kecil.
  9. Letakkan adonan ke dalam loyang panas di rak tengah oven. Masukkan beberapa es batu atau tuangkan air dingin ke dalam loyang di rak bawah oven. Cara ini akan menghasilkan semburan uap yang membantu membentuk kerak roti yang bagus.
  10. Panggang selama 25-30 menit hingga bagian bawah roti berbunyi saat diketuk. Keluarkan dari oven, biarkan hingga benar-benar dingin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com