Kompas.com - 03/10/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi proses fermentasi adonan sourdough Shutterstock/Zagorulko InkaIlustrasi proses fermentasi adonan sourdough


KOMPAS.com – Sourdough bread adalah roti yang dibuat menggunakan ragi alami. Ragi alami ini diproses dengan cara mencampurkan tepung dan air. Kemudian difermentasi selama beberapa waktu sampai siap untuk digunakan dalam campuran adonan roti.

Baca juga: Apa Itu Sourdough? Roti dari Adonan Biang Ragi Alami yang Kian Populer

Adonan sourdough atau biasa juga disebut starter sourdough memerlukan waktu yang cukup lama, serta ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya.

Walaupun sekarang sudah banyak toko roti yang menjual roti sourdough, tetapi membuatnya sendiri di rumah tentu saja berbeda.

Untuk membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun tidak jarang ada saja adonan starter sourdough yang gagal.

Berikut tips membuat adonan sourdough dari chef profesional dan juga berdasarkan MasterClass.

Ilustrasi adonan roti sourdoughShutterstock/AngieYeoh Ilustrasi adonan roti sourdough

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Alat yang steril

“Pastinya semua peralatan harus steril, jar harus dari kaca karena kaca sangat minim kemungkinannya dalam hal sisa-sisa residu makanan yang masih menempel,” kata Chef Patisserie, Risa Andithia ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

“Jadi akan mengurangi kemungkinan timbulnya jamur yang menyebabkan adonan jadi cepat basi,” sambung dia.

Dilansir dari MasterClass, penggunaan wadah dari besi atau plastik tidak disarankan. Pasalnya keasaman dari adonan bisa berinteraksi dan mengubah adonan.

2. Suhu yang stabil

Selanjutnya, jika tepung dan air sudah dicampur waktunya proses fermentasi. Menurut Risa, wadah adonan sourdough simpan di tempat yang kering dan bersih. Selain itu suhunya juga harus selalu stabil, tidak naik turun.

Sebaiknya simpan wadah adonan di tempat dengan suhu sekitar 20-26 derajat celsius. Suhu ini jadi suhu paling optimal untuk pertumbuhan ragi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.