Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2024, 11:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Keciput adalah sejenis jajanan kecil mirip onde-onde yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Makanan ini terbuat dari tepung ketan dan biasa dihidangkan saat Lebaran sebagai kue kering.

Bahan keciput wijen cukup mudah, seperti tepung ketan, tepung tapioka, baking powder, dan wijen putih sangrai. Namun, sebelum mengikuti resep keciput, ada baiknya untuk mengetahui tips membuatnya.

Tips membuat keciput wijen agar hasilnya tidak keras dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 96 Resep berbisnis Kue Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

1. Gunakan bahan berkualitas

Bahan membuat keciput adalah tepung ketan. Pastikan untuk menggunakan tepung ketan berkualitas yang masih segar dan tidak tengik.

Sebelum digunakan, ada baiknya untuk menyangrai tepung ketan agar kue kering tidak bau tepung mentah.

2. Gunakan takaran gula yang pas

Pastikan kamu menggunakan takaran gula untuk keciput yang pas. Hindari menggunakan takaran gula yang terlalu banyak karena bisa membuat keciput menjadi gosong.

3. Goreng dalam minyak panas

Pastikan minyak goreng yang digunakan dalam keadaan panas sedang. Hal ini bisa membuat keciput menjadi matang merata dan tidak keras setelah ditiriskan.

Baca juga:

4. Tambahkan variasi warna atau aroma

Kamu bisa mengkreasikan keciput wijen dengan penggunaan pewarna makanan agar lebih menarik. Selain mengkreasikan warna, kreasikan juga aroma keciput dengan menggunakan bahan aromatik.

5. Simpan keciput dalam stoples kaca

Siapkan stoples kaca yang kedap udara, simpan keciput dalam stoples agar tetap renyah. Pastikan untuk memberikan solasi di sekitar pembuka stoples.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 96 Resep berbisnis Kue Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com