Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kue Kering Gulung Isi Selai Durian, Camilan untuk Lebaran

Kompas.com - 04/04/2024, 15:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri sepertinya kurang lengkap jika tidak ada suguhan kue kering untuk tamu yang datang.

Ada banyak varian kue kering yang bisa dibuat, salah satu kue yang mudah ditiru oleh pemula yaitu kue kering gulung isi selai. 

Baca juga: Resep Kue Kering Kelapa Pandan untuk Lebaran, Gurih dan Manis 

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya seperti margarin, mentega, terigu, kuning telur, cokelat bubuk, dan selai. Resep kue kering berikut ini menggunakan selai durian.

Resep kue kering gulung isi selai

Namun jika tidak suka durian, kamu bisa menggantinya dengan varian selai yang lain. Simak resep selengkapnya dalam buku "25 Resep Kue Paling Laku Dijual: Nastar dan Variasi Kue Kering isi Selai" karya Indriani (2010) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Bahan kue kering gulung isi selai:

  • 100 gram margarin
  • 125 gram mentega
  • 100 gram gula tepung
  • 1 butir kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 30 gram susu bubuk
  • 2 sendok makan wijen (sangrai)
  • 100 gram selai durian

Baca juga:

Cara membuat kue kering gulung isi selai:

  1. Kocok mentega, margarin, dan gula tepung sekitar satu menit sampai konsistensinya lembut, kemudian tambahkan telur dan kocok kembali hingga rata.
  2. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan susu bubuk ke dalam campuran mentega sembari diayak. Aduk adonan hingga rata, lalu tambahkan wijen dan aduk kembali.
  3. Giling adonan hingga pipih, lalu oles bagian atas adonan dengan selai durian. Gulung adonan dari kedua sisi sampai kedua gulungan bertemu di bagian tengah.
  4. Bungkus adonan di dalam plastik, lalu bekukan di dalam freezer selama 30 menit. Setelah itu potong-potong adonan dan tempatkan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
  5. Panggang adonan di dalam oven menggunakan suhu 150 derajat Celsius sekitar 30 menit. Angkat kue kering lalu biarkan dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Baca juga: Resep Putri Salju, Kue Kering Favorit Lebaran

Buku "25 Resep Kue Paling Laku Dijual: Nastar dan Variasi Kue Kering isi Selai" karya Indriani (2010) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com