Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta Luncurkan Menu Kreasi Tempe

Kompas.com - 01/07/2023, 15:06 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta resmi luncurkan Tempe Tapestry, kreasi hidangan baru yang berbahan dasar tempe. 

Hadirnya kreasi hidangan tempe ini tidak lepas dari kolaborasi bersama Indonesia Tempe Movement, yaitu organisasi non profit yang bergerak untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran tempe sebagai warisan makanan Indonesia yang bergizi tinggi, sustainable, dan memiliki potensi bisnis. 

Proses pembuatan kreasi hidangan tempe ini telah melewati trial and error yang cukup menguras waktu serta tenaga. 

Vicko Hadisatrya, Chef de Cuisine Hotel Fairmont Jakarta, mengatakan bahwa dia banyak belajar cara membuat tempe dari Wida Winarno, Co-Founder Indonesia Tempe Movement, hingga akhirnya bisa menciptakan kreasi baru hidangan tempe yang mewah. 

Baca juga:

Menu Tempe Nachos dan Laksa Noodle di Restoran 1945 Hotel Fairmont JakartaDok. Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta Menu Tempe Nachos dan Laksa Noodle di Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta

“Saya menghabiskan sekitar lima kilogram kacang pada proses research and development menu baru kami. Ada lima jenis kacang yang dipakai, yaitu kacang hitam, kacang kedelai, kacang lentil, biji labu, dan kacang merah,” ujar Chef Vicko saat ditemui KOMPAS.com, Selasa (27/06/2023).

Chef Vicko juga menceritakan ada tantangan tersendiri pada saat proses pembuatan tempe, mulai dari karakteristik kacang yang berbeda-beda hingga proses fermentasi tempe.

“Setiap kacang punya karakteristik yang beda-beda. Misalnya, ketika ingin membuat tempe dari kacang hijau, kacang hijau itu kandungan airnya tinggi, kami effort banget untuk mengeringkan kacang sampai benar-benar kering,” lanjut Chef Vicko.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya Chef Vicko berhasil membuat tempe dari nol serta menemukan total tujuh kreasi hidangan baru yang berbahan dasar tempe.

Baca juga:

Tempe Kacang Hitam buatan Restoran 1945 Hotel Fairmont JakartaDok. Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta Tempe Kacang Hitam buatan Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta

"Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan 1945 Restaurant di Fairmont Jakarta untuk menghadirkan pengalaman kuliner luar biasa yang bergizi dan berkelanjutan,” ujar Wida Winarno, Co-Founder Indonesia Tempe Movement. 

Hidangan berbahan tempe itu antara lain Tempe Nachos, Kroket Tempe, Rendang Tempe, Sate Tempe, Laksa Noodle, Gulai Cumi Tempe, dan Tempe Sticky Dates Pudding. 

Nachos yang dipakai pada hidangan Tempe Nachos terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng. Kemudian, nachos tempe dikombinasikan dengan tuna gohu dan sambal roa khas Nusantara. Kamu dapat menyantap hidangan ini sebagai hidangan pembuka. 

Selanjutnya, seri kuliner Tempe Tapestry punya hidangan Kroket Tempe yang disajikan dengan saus andaliman. 

Baca juga:

Menu Sate Tempe di Restoran 1945 Hotel Fairmont JakartaDok. Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta Menu Sate Tempe di Restoran 1945 Hotel Fairmont Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com