Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Asam Jawa, dari Bumbu Masak hingga Bahan untuk Jelly

Kompas.com - 26/01/2023, 12:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para pencinta menu sayur asem, pasti tidak asing dengan asam jawa yang merupakan salah satu bahan masaknya.

Asam jawa memang biasanya digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan. Namun, bukan hanya itu saja. Masih ada banyak lagi kegunaan asam jawa yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari buku "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" oleh Made Astawan terbitan Kompas Penerbit Buku, simak manfaat asam jawa berikut ini.

Baca juga:

1. Bumbu masak

Asam jawa memang dikenal dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Seperti diulek bersama bumbu gado-gado, asem-asem daging, dan tomyam.

2. Digunakan untuk menggurihkan makanan

Asam jawa juga bisa digunkana untuk menggurihkan makanan dengan tekstur renyah. Selain itu, asam jawa juga bisa digunakan untuk meningkatkan tekstur keras pada roti.

3. Asam jawa untuk membuat jelly

Asam jawa juga bisa digunakan sebagai pengganti pektin untuk membuat jelly. Bahan ini biasa digunakan karena memiliki harga yang lebih murah.

Ilustrasi pasta asam jawa segar dalam wadah. SHUTTERSTOCK/SANTHOSH VARGHESE Ilustrasi pasta asam jawa segar dalam wadah.

4. Minuman kesehatan

Asam jawa juga bisa digunakan sebagai minuman kesehatan. Campurkan asam jawa dengan gula merah untuk menghasilkan minuman menyehatkan dan juga menyegarkan.

Minuman tersebut dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh

5. Obat tradisional

Hampir semua bagian dari asam jawa bisa diolah menjadi obat. Seperti daunnya yang bisa dikeringkan dan digunakan untuk mengobati kelenjar empedu.

Kulit asam jawa juga bisa digunakan untuk mengobati diare karena mengandung astringent.

Buku "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" oleh Made Astawan terbitan Kompas Penerbit Buku bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com