Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Asam Jawa, Kandis, dan Gelugur untuk Masakan?

Kompas.com - 25/11/2020, 15:39 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asam memiliki berbagai macam jenis di Indonesia. Seperti namanya, asam digunakan untuk memberikan cita rasa asam pada makanan.

Namun, ada tiga jenis asam yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Ketiganya asalah asam jawa, asam kandis, dan asam gelugur.

Lalu apa perbedaan dari asam jawa, asam kandis, dan asam gelugur?

Baca juga: Resep Ikan Asam Padeh, Hidangan Berkuah dari Padang Tanpa Santan

1. Asam jawa

Kamu mungkin paling familiar dengan nama asam jawa. Meski namanya asam jawa, tetapi jenis asam ini aslinya berasal dari Afrika.

Dikutip dari buku "Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur" (2016) karya Made Astawan yang diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara, asam Jawa memiliki nama latin Tamarindus indica.

Asam jawa memiliki daging buah yang berwarna putih kehijauan saat masih muda. Jika sudah tua, warna daging buahnya menjadi cokelat.

Bentuk asam jawa yang biasa ditemukan umumnya berupa daging buah asam yang sudah direbus, kemudian dibentuk menjadi semacam pasta padat.

Baca juga: Resep Asem-asem Daging Sapi, Pakai Asam Jawa dan Belimbing Wuluh

Karena cukup terkenal dan sering digunakan, rempah yang satu ini pun memiliki banyak sebutan, misalnya celagi (Bali), camba (Makasar), asem (Sunda), acem (Madura), bage (Bima), mangga (Flores), asang jawa (Sulawesi Utara), dan asam bak meei (Aceh).

Rempah yang satu ini sering digunakan untuk membuat sayur asam, gado-gado, tom yam, kare asam, berbagai makanan asam manis, selai, jus yang dicampur dengan gula aren, campuran jamu, dan untuk menghilangkan bau amis.

Selain sebagai perisa, dapat juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Meski bukan merupakan tanama asli tanah Jawa, namun saat ini Indonesia menjadi salah satu produsen yang paling potensial.

2. Asam gelugur

Ilustrasi asam gelugur kering. SHUTTERSTOCK/KIRAZIKU2U Ilustrasi asam gelugur kering.

Asam gelugur memiliki nama latin Garcinia atroviridis. Buahnya memiliki bentuk seperti buah labu dengan ukuran mini.

Cara mengolahnya, buah asam gelugur yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari.

Berdasarkan buku "Hidangan Halal Khas dari Tano Batak" karya Linda Carolina Brotodjojo yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, asam gelugur berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Bumbu Rujak, Rasanya Asam Pedas

Sebagai bumbu, buahnya harus dipotong dan dikeringkan kemudian bisa dimanfaatkan sebagai pemberi rasa asam pada sejumlah masakan, terutama masakan dari Sumatra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com