Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Canape, Jenis Masakan yang Jadi Tantangan MasterChef?

Kompas.com - 27/03/2022, 19:38 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada babak kedua tantangan MasterChef Indonesia Season 9, peserta dibagi menjadi dua tim dan mereka harus membuat hidangan canape. Apa itu canape?

Dikutip dari laman The Spruce Eats, canape adlah jenis hidangan berukuran kecil sekali lahap. Canape terdiri dari potongan roti, kue kering, atau bahan lain dengan aneka topping.

Cita rasa canape dibuat cenderung pedas, tajam, dan medok. Hidangan ini biasanya disajikan sebelum makan atau di pesta.

Canape termasuk jenis Hors d' Oeuvre, yaitu makanan berukuran kecil yang bisa disantap dengan satu atau dua kali gigitan saja. 

Saat acara makan, canape akan diedarkan menggunakan nampan oleh pelayan ke setiap tamu yang hadir atau disajikan secara prasmanan.

Beberapa hidangan Hors d' Oeuvre yang biasa disajikan seperti aneka tusuk sate, udang bakar, sate ayam, kebab keju, dan buah.

Selain itu, ada juga aneka gorengan seperti samosa, empanada, deviled eggs, kacang, dan telur gulung dengan tambahan saus.

Baca juga:

Komponen canape

Ilustrasi topping canape.Dok. The Spruce Eats/Getty Images Ilustrasi topping canape.

Canape merupakan hidangan yang dibuat sesederhana mungkin supaya tidak sulit saat memakannya dalam sekali lahap.

Ada empat bagian utama dari hidangan canape, pertama ada basis potongan roti berukuran kecil, kue kering, ataupun kerupuk.

Beberapa hidangan yang bisa disajikan seperti crostini dan bruschetta untuk canape klasik, pancake, atau kulit pastry untuk canape modern.

Kedua, ada bahan berbasis mentega, krim keju, ataupun mayones. Bahan ini digunakan untuk olesan pada roti supaya topping yang digunakan bisa menempel pada roti.

Ketiga, ada bahan berbasis daging, seafood, sayur, dan buah untuk topping. Bagian ini bisa dikatakan sebagai bahan utama canape.

Beberapa hidangan yang bisa disajikan seperti steak, prosciutto ham, salmon asap, lobster, dan udang.

Keempat, yaitu hiasan canape, bahan yang digunakan biasanya berukuran kecil seperti bawang cincang, aneka rempah, ataupun caviar. 

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com