Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Kacang Pistachio, Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 07/02/2022, 09:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kacang pistachio telah dikonsumsi oleh manusia sejak 7.000 Sebelum Masehi hingga saat ini. Kacang berwarna hijau muda ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Dikutip dari laman Healthline, kacang pistachio mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yag baik untuk kesehatan.

Berikut empat manfaat kacang pistachio untuk tubuh manusia:

Baca juga:

1. Kurangi risiko kanker

Antioksidan  merupakan senyawa yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah  satunya dapat mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit seperti kanker.

Di antara jenis kacang-kacangan, pistachio memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin tertinggi. Kedua kandungan tersebut merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. 

Selain itu ada juga kandungan polifenol dan tokoferol yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

2. Melancarkan aliran darah

Mengonsumsi kacang-kacangan biasanya dihindari seseorang karena kacang mengandung kalori yang tinggi. Tetapi tidak dengan kacang pistachio yang kalorinya rendah.

Selain itu pistachio juga mengandung asam amino esensial yang tinggi dibanding kacang lainnya. Asam amino merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh, salah satunya dapat membantu memperlancar aliran darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Kacang merupakan bahan makanan yang dihindari oleh para pejuang diet, karena dikenal dapat membuat berat badan meningkat.

Akan tetapi lain halnya dengan kacang pistachio, meskipun termasuk makanan yang padat energi, kacang pistachio dapat membantu menurunkan berat badan. 

Hal ini karena pistachio merupakan kacang yang kaya akan serat dan protein. Setelah mengonsumsi kacang pistachio, perut terasa cepat kenyang dan membantu membuat porsi makan berkurang.

4. Kurangi risiko masalah pencernaan

Pistachio merupakan kacang yang kaya akan serat, serat tersebut kemudian bergerak melalui sistem pencernaan. Beberapa jenis serat dicerna oleh bakteri baik di usus sebagai prebiotik.

Bakteri usus kemudian memfermentasi serat dan mengubahnya menjadi asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya dapat menurunkan risiko gangguan pencernaan, kanker, dan penyakit jantung.

Baca juga:

 

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com