Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Baru Buka di Kota Industri Cilegon, Gandeng UMKM Lokal

Kompas.com - 22/12/2021, 13:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Krakatau Sarana Properti (KSP), anak perusahaan Krakatau Steel baru saja meluncurkan restoran The Surosowan, di The Royale Krakatau Hotel, Cilegon, Banten, pada Rabu (22/12/2021) 

"Hadirnya The Surosowan dalam upaya memenuhi aspirasi dan harapan masyarakat Kota Cilegon dan Banten juga bagi warga Jakarta dan sekitarnya, yang menginginkan tempat makan yang nyaman dengan makanan yang lezat cita rasa dan istimewa," kata Direktur Utama Krakatau Sarana Properti (KSP) Ridi Djajakusuma dalam acara pembukaan The Surosowan, Cilegon (22/12/2021).

"Inilah yang membuat kami terdorong dan termotivasi untuk senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dan pada hari ini kami menghadirkan Restoran The Surosowan bagi masyarakat Kota Cilegon," kata Ridi. 

Baca juga:

The Surosowan Restaurant merupakan hasil pembaharuan dari The Sapphire Restaurant yang sebelumnya dibuka di tempat yang sama. 

Perubahan ini tidak hanya sebatas nama saja, namun The Surosowan disebutkan juga melakukan restrukturisasi guna menunjang pariwisata Kota Cilegon, khususnya di bidang kuliner.

Peluncuran restoran ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno.

Dalam sambutan grand opening The Surosowan, Sandiago Uno berpesan supaya restoran ini menjadi tempat kuliner yang ikonik di Cilegon.

"Sebagai kota industri, Cilegon juga harus diisi dengan sektor ekonomi kreatif, salah satunya yaitu sektor kuliner, dengan tujuan menghadirkan Cilegon yg membuka peluang ekonomi digital," kata Sandiaga.

Restoran The Surosowan di Cilegon, Banten. Kompas.com/Suci Wulandari Putri Chaniago Restoran The Surosowan di Cilegon, Banten.

The Surosowan mengusung konsep kearifan kuliner Indonesia dan menggandeng UMKM lokal guna mendistribusikan karya dan kriya dari UMKM di Cilegon.

Sandiaga mengatakan lokasi The Sarusowan saat ini dinilai strategis untuk mempromosikan UMKM cilegon karena dekat dengan Jakarta dan Lampung yang juga merupakan salah satu pusat pengembangan pariwisata Indonesia.

Baca juga:

Pengembangan industri kuliner dan kreatif ini juga didukung penuh oleh Wali Kota Cilegon Haldi Agustian yang turut hadir dalam pembukaan The Surosowan.

"Pandemi covid memukul banyak sektor di Indonesia, salah satunya kuliner dan industri kreatif," jelas Haldi.

"UMKM masyarakat Cilegon harus naik, karena banyak makanan Cilegon yang belum tersentuh. Kami mengapresiasi kerjasama dengan The Surosowan guna mengembangkan kuliner dan industri kreatif di Cilegon," katanya.

Haldi mengatakan akan ada pusat UMKM yang menghubungkan semua UMKM se-kota Cilegon untuk pengembangan kuliner dan kreatif lebih lanjut, Konsep ini mirip seperti Malioboro dan nantinya akan diadakan di alun-alun Cilegon.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com