Kompas.com - 22/12/2021, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Onde atau Festival Dongzhi merupakan hari perayaan dari China, yang diperingati pada puncak musim dingin di China.  

Sampai saat ini, orang Tionghoa di Indonesia memperingati perayaan ini dengan tradisi makan onde atau disebut wedang ronde di  Indonesia. 

Ketua Kecapi Batara, Diyah Wara Restiyati menyebutkan Perayaan Onde biasanya jatuh pada 21atau 22 Desember setiap tahun. 

"Orang Tionghoa biasa bilang Tan Cik yang artinya dingin dan puncak," kata Diyah dikutip dari artikel Kompas.com, Selasa (19/12/2017). 

Baca juga:

Sejarah Perayaan Onde ini konon sudah ada sejak Dinasti Han (206 SM - 220 M). Pada zaman Dinasti Song (1127-1152 M) Perayan Onde dilaksanakan dengan sembahyang arwah leluhur dan lima unsur di bumi yang terdiri dari logam, air, api, tanah, dan kayu.

Seiring waktu perayaan Onde menjadi salah satu perayan penting di China dan daerah migrasi, tak terkecuali Indonesia. Tepatnya sejak zaman Dinasti Qing (1644-1911 M). 

Tradisi makan onde sesuai jumlah umur

Ilustrasi wedang rondeShutterstock.com / Nugroho Ari Ilustrasi wedang ronde

Tradisi Perayaan Onde terbilang sederhana, karena hanya dirayakan oleh keluarga inti. Biasanya semua keluarga inti berkumpul untuk membuat onde, berdoa bersama, dan makan onde bersama. 

Ada tradisi unik yang dipercaya yang itu menyantap onde sesuai jumlah usia ditambah satu. 

Ini adalah pengharapan agar usia bertambah panjang. Namun tradisi ini hanyalah kepercayaan dan tidak dilakukan semua orang. 

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.