Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tahun Berdiri, Roti Gembong di Yogyakarta Kini Miliki 105 Kemitraan

Kompas.com - 30/11/2021, 19:14 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Roti gembong merupakan roti jadul yang kini populer di Yogyakarta. Roti ini berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. 

Nama roti gembong sendiri diambil dari adonannya yang mengembung setelah matang. 

Di Yogyakarta, ada beberapa gerai roti gembong yang cukup terkenal. Salah satunya yakni Roti Gembong Gedhe. Walau baru berdiri sejak 2019, gerai roti gembong ini sudah memiliki banyak cabang. 

Baca juga:

Kepada Kompas.com, Rifawan Pradipta Kusuma atau akrab disapa Adip, Direktur Utama Roti Gembong Gedhe membagikan kisahnya membangun usaha ini. Berikut uraiannya. 

Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe. INSTAGRAM/ Roti Gembong Gedhe Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe.

Ide awal

Menurut penuturan Adip, sebetulnya roti gembong sudah ada sejak lama tapi gerai pertama yang ada di Yogyakarta yaitu Roti Gembong Gedhe. 

Kendati demikian, ide berjualan roti gembong bukanlah dari Adip, melainkan ayahnya.

Lebih lengkap, Adip memiliki hobi balap motor, kemudian oleh ayahnya Adip diberi amanat untuk mengelola usaha supaya dapat mengelola uang sendiri untuk balapan.

"Sebenarnya yang punya ide waktu itu bapak saya. Itu karena bapak ibu, tinggalnya di Lombok, kerjanya di Lombok, tapi saya di sini kuliah. Nah saya punya hobi balapan, jadi waktu itu bapak ibu pengin saya bisnis mengelola uang sendiri biar balapan mandiri tanpa uang dari bapak ibu," jelas Adip saat ditemui Kompas.com di kantornya, Rabu (24/11/2021). 

Baca juga:

Inspirasi usaha roti gembong Adip dapatkan dari om dan tantenya yang lebih dulu berjualan di Lombok.

Setelah mengetahui bahwa roti jadul ini rasanya enak dan harganya murah, Adip pun tertarik untuk mengenalkan kepada masyarakat Yogyakarta. Terlebih saat itu juga belum ada penjual roti gembong di Yogyakarta

"Nah itu ada om sama tante itu buka roti di Lombok. Akhirnya idelah, sudah jualan roti saja di Jogja, roti gembong itu. Kebetulan di Jogja belum ada roti gembong," ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com