Kompas.com - 30/11/2021, 15:11 WIB
Ilustrasi susu. PIXABAY/COULEURIlustrasi susu.

KOMPAS.com - Susu merupakan minuman tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya gigi dan tulang.

Namun, penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi susu. Melansir Live Strongmeski tinggi kalsium, susu murni juga mengandung laktosa atau gula susu yang dapat memengaruhi kadar gula darah.

American Diabetes Association merekomendasikan 45- 60 gram karbohidrat per makanan untuk penderita diabetes, yang mencakup satu porsi susu. Satu porsi susu terdiri dari 8 ons atau sekitar 226 gram.

Selain memerhatikan porsinya, sebaiknya simak juga empat jenis susu yang direkomendasikan untuk penderita diabetes, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Susu skim

Susu skim merupakan susu rendah lemak. Jenis susu ini dapat mengontrol risiko penyakit jantung pada penderita diabetes dengan membatasi asupan lemak jenuh.

Satu gelas susu skim mengandung 83 kalori dan 0,1 gram lemak jenuh, sementara susu murni mengandung 49 kalori dan 5 gram lemak jenuh.

Baca juga: 10 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

2. Susu rendah lemak

Sama seperti namanya, susu rendah lemak atau low-fat milk merupakan jenis susu yang mengandung sedikit lemak.

Susu rendah lemak memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan susu skim. Satu gelas jenis susu ini mengandung 102 kalori dan 1,5 gram lemak jenuh.

Baca juga: Batas Konsumsi Gula Harian untuk Penderita Diabetes, Saran Ahli Gizi

3. Susu kedelai

Susu kedelai banyak dikenal sebagai alternatif susu sapi. Tak sekadar sebagai pengganti, manfaat susu kedelai untuk kesehatan juga tak boleh disepelekan.FREEPIK/JCOMP Susu kedelai banyak dikenal sebagai alternatif susu sapi. Tak sekadar sebagai pengganti, manfaat susu kedelai untuk kesehatan juga tak boleh disepelekan.

Susu kedelai adalah salah satu jenis susu nabati yang populer. Susu ini diolah dari kacang kedelai yang dihaluskan dan disaring.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.