Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Mahasiswa Berprestasi LLDikti DKI Jakarta Melaju ke Pilmapres 2024 Nasional

Kompas.com - 08/05/2024, 12:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) kembali hadir sebagai wadah mahasiswa menunjukkan bakat dan prestasi. Pilmapres digelar Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan tahun ini akan diadakan di Gorontalo, Sulawesi Utara, pada 24-28 Juli 2024.

Tujuan utama Pilmapres adalah untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara menyeluruh dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Sebelum menuju puncak nasional, mahasiswa harus melewati seleksi di tingkat wilayah. Untuk wilayah Jakarta, Pilmapres diadakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) menjadi tuan rumah pada 6-7 Mei 2024.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pilmapres 2024 memberikan kesempatan kepada mahasiswa maksimal semester VIII.

Penilaian pun lebih komprehensif meliputi pengetahuan, keterampilan, dan keterampilan hidup seperti komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lain.

Pilmapres Tingkat Wilayah III DKI Jakarta telah melalui beberapa tahapan, dimulai dari pendaftaran 69 mahasiswa PTN dan PTS, kemudian dilanjutkan melalui seleksi awal berupa Desk Evaluation menghasilkan 25 calon mahasiswa berprestasi tingkat wilayah.

Berdasarkan jumlah pendaftar awal, BPTI memberikan kuota peserta tingkat nasional kepada Wilayah DKI Jakarta melalui LLDikti Wilayah III sebanyak 8 orang, yaitu terdiri dari 5 Calon Mahasiswa Berprestasi Sarjana dan 3 Calon Mahasiswa Berprestasi Diploma.

Kuota Peserta Nasional yang diberikan oleh BPTI tersebut termasuk kuota yang cukup banyak dibandingkan LLDikti Wilayah lainnya. Hal ini menjadi peluang besar bagi mahasiswa di DKI Jakarta untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2024.

Mahasiswa Prestasi LLDikti Wilayah III

Baca juga: LLDikti III dan Unika Atma Jaya Gelar Rakor Kehumasan untuk Perguruan Tinggi Swasta

Kepala LLDIkti Wilayah III, Prof. Toni Toharudin menuturkan, “kami dari LLDikti Wilayah III, berharap kepada para calon mahasiswa berprestasi tingkat wilayah selama beberapa hari ke depan haruslah bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik di hadapan para juri tingkat wilayah."

"Semoga tahun 2024 ini kita di LLDikti Wilayah III dapat mengulang dan melebihi prestasi tahun 2022 yang lalu dimana mahasiswa DKI Jakarta menjadi salah satu pemenang dari Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional,” harap Prof. Toni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com