Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Rakorda 2024, LLDikti Wilayah III Perkuat Transformasi Pendidikan Tinggi Berdaya Saing Global

Kompas.com - 03/02/2024, 17:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Tahun 2024 di Grand Chapel, Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten, pada Kamis, 1 Februari 2024.

Tahun ini Rakorda LLDikti Wilayah III mengangkat tema besar "Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju Rekognisi Global Dalam Implementasi Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023" sebagai upaya meningkatkan kualitas dan peran pendidikan tinggi khususnya di DKI Jakarta.

“Ke depan kita harus terus berkolaborasi untuk merumuskan strategi yang dapat mengimplementasikan kebijakan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 secara efektif dan efisien," tegas Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Toni Toharudin dalam sambutan.

Prof. Toni melanjutkan, tujuan dimaksud adalah mewujudkan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang efektif, inklusif, dan adaptif sesuai dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Sehingga pendidikan tinggi dapat berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkelanjutan,” tambahnya.

Terkait tema, Prof. Toni juga menjelaskan, tema visioner ini harapannya dapat ditangkap oleh seluruh Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi guna bersaing di kancah internasional.

Dalam Rakorda 2024 ini, LLDikti Wilayah III mengundang Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Para Guru Besar Perguruan Tinggi, serta mitra di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta.

Penguatan Mutu Kualitas Perguruan Tinggi

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo berharap para akademisi pendidikan tinggi di bawah naungan LLDikti Wilayah III dapat memberikan masukan, gagasan, dan inovasi bagi pembangunan di DKI Jakarta.

Baca juga: Penguatan Kualitas Perguruan Tinggi Bisa Atasi Kesenjangan Dunia Kerja

"Untuk mencapai agenda besar menjadi kota global, DKI Jakarta membutuhkan gagasan-gagasan yang tak terbatas dari khalayak, termasuk dari akademisi, para pakar, dan praktisi pendidikan terkait tata kelola pemerintahan, sumber daya manusia, pengembangan kawasan. hingga penguatan bisnis dan inovasi, menjawab tantangan ekonomi, serta daya saing," harapnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com