Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Terbuka Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta? Ini Jawabannya

Kompas.com - 29/01/2024, 11:27 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) atau swasta kerap jadi pertanyaan para calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Terbuka, perlu tahu bahwa kampus yang tersebar di sejumlah kota ini merupakan perguruan tinggi negeri.

Dilansir dari laman resminya, Senin (29/1/2024) berikut penjelasan mengenai Universitas Terbuka yang merupakan perguruan tinggi negeri.

Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 41 tahun 1984.

Baca juga: Ingin Masuk Universitas Terbuka? Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Universitas Terbuka perguruan tinggi negeri atau swasta?

Universitas Terbuka saat ini juga sudah mencapai tingkat teratas yaitu transformasi ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) berdasarkan SK Tahun 2022.

Universitas Terbuka menjadi salah satu perguruan tinggi yang diminati calon mahasiswa karena fleksibilitas waktu kuliah yang diberikan.

Universitas Terbuka menerapkan pembelajaran jarak jauh, menggunakan sistem belajar mandiri terbimbing bagi seluruh mahasiswanya.

Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Adapun sistem belajar mandiri terbimbing merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka.

Dalam sistem ini, mahasiswa akan memiliki akses ke berbagai sumber daya pendidikan, termasuk materi pembelajaran online, buku teks digital, video pembelajaran, dan lainnya.

Mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar mereka sendiri, sambil tetap memperoleh bimbingan yang terarah dari tutor atau dosen.

Tutor atau dosen akan memberikan panduan, memberikan penjelasan tambahan, dan menjawab pertanyaan yang mungkin timbul selama proses belajar.

Interaksi ini dapat berlangsung melalui berbagai saluran, termasuk layanan bantuan belajar yang disediakan oleh UT, pertemuan daring, atau komunikasi langsung melalui pesan.

Hal ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan nyaman, memungkinkan mahasiswa untuk meraih pencapaian akademik dengan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 5 Langkah Pendaftaran Universitas Terbuka 2024

Bisa daftar lewat jalur SNBP 2024

Selain itu, sistem ini juga menawarkan beragam alat asesmen untuk mengukur pemahaman dan kemajuan mahasiswa, seperti Tugas Mata Kuliah, Ujian Online, Take Home Exam, dan sebagainya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com