Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Beasiswa Unair D3-S1 2024, Terbuka bagi Siswa SMA dan SMK

Kompas.com - 26/01/2024, 19:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi kamu yang merupakan siswa SMA, SMK sederajat kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Airlangga (Unair), ada tiga beasiswa yang bisa kamu daftar untuk meringankan biaya pendidikan.

Beasiswa kuliah di Unair ini berlaku mulai jenjang D3, D4, dan S1. Simak informasinya:

3 jenis Beasiswa Masuk Unair 2024

1. Beasiswa Pemerintah

Menurut penuturan Direktur Kemahasiswaan Unair, Prof Dr M Hadi Shubhan, ada beragam beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa Unair. Salah satunya adalah beasiswa dari pemerintah.

“Terdapat beasiswa dari pemerintah, misalnya beasiswa Unggulan dan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah,” ujarnya, dilansir dari laman Unair.

Baca juga: Beasiswa Pengurus OSIS, Tanpa Tes dan Gratis Kuliah di Kampus Telkom

KIP-Kuliah adalah salah satu beasiswa paling banyak menerima kuota mahasiswa baru. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa hanya perlu mendaftarkan diri pada laman KIP-Kuliah dan memenuhi persyaratan lainnya seperti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu).

“Beasiswa yang paling mudah sekali adalah beasiswa KIP-Kuliah karena hanya perlu mendaftar di laman yang tersedia. Beasiswa ini untuk mahasiswa yang punya SKTM atau KKS (Kartu Keluarga Sejahtera),” terangnya.

Selain KIP-Kuliah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memiliki beasiswa lainnya yakni Beasiswa Unggulan.

Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri ketika sudah memulai perkuliahan atau maksimal sedang berada di semester tiga.

Baca juga: Pertamina Buka Beasiswa D3 Sampai S1, Bebas UKT dan Ada Uang Saku

Tidak hanya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga memberikan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa.

Beberapa beasiswa tersebut antara lain adalah beasiswa Pemuda Tangguh Pemerintah Kota Surabaya, beasiswa KJMU (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta), dan Jabar Future Leadership Scholarship (JFLS).

2. Beasiswa Mitra

Siswa SMA, SMK juga bisa kuliah D3 sampai S1 di Unair dengan beasiswa mitra. Yaitu beasiswa yang dibuka oleh mitra yang bekerja sama dengan Unair. Mitra tersebut antara lain berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun korporasi swasta.

Beberapa beasiswa dari BUMN tersebut antara lain adalah BRI SMART, Beasiswa Bank Indonesia skema unggulan dan reguler, dan Beasiswa Bank Syariah Indonesia.

Sementara itu, dari korporasi dan lembaga swasta antara lain adalah Bakti BCA, Beasiswa Pertamina, Beasiswa VDMI, Djarum Bhakti Pendidikan, Beasiswa Baznas Nasional, dan Yayasan Karya Salemba Empat.

Untuk pendaftaran beasiswa-beasiswa tersebut, biasanya terlaksana minimal setelah dua semester perkuliahan.

Sebab, beasiswa mitra memerlukan persyaratan khusus, misalnya prestasi, capaian nilai, hingga keaktifan organisasi. Terkait jalurnya, pembukaan beasiswa bisa langsung oleh mitra terkait maupun melalui UNAIR sebagai perantara.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com