Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UP dan Pertamina Foundation Jalin Kerja Sama Bidang Inovasi dan Teknologi

Kompas.com - 28/04/2024, 19:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pancasila bersama Pertamina Foundation menjalin kerja sama dalam program kompetisi inovasi dan teknologi.

Hal itu dilakukan dalam mengantisipasi adanya perubahan iklim, kebutuhan energi yang meningkat, dan teknanan terhadap sumber daya alam (SDA) yang membutuhkan solusi-solusi inovatif.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2024, SPI Termurah Rp 20 Juta

Kerja sama ini akan memberikan ruang dan peluang bagi dosen UP dan inovator untuk mengembangkan diri, berkompetisi melalui ide-ide kreatif dan inovatif, dengan tujuan agar bisa menjadi pelaku yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan teknologi dan energi.

Wakil Rektor bidang 4 Universiitas Pancasila, Diennaryati Tjokrosuprihatono menyambut hangat kerja sama dari Pertaminan Foundation (PF).

"Kami sambut hangat Head of Project PF Sains, Ermawan Fitra dan sangat mengapresiasi kerja sama ini, terutama dalam acara Pertamina Foundation (PF) Sains. Ini akan memberikan motivasi kepada para dosen agar aktif mengambil peran dalam kompetisi ini," ungkap dia dalam keterangan resminya, Sabtu (27/4/2024).

Wakil Kepala LPPM UP, Gunawan menyatakan, tahun 2024 merupakan tahun kelima penyelenggaraan Pertamina Foundation (PF) Sains.

Baca juga: 17.000 Mahasiswa Daftar Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation 2024

Pada tahun ini, inovasi yang dikembangkan itu akan diperluas, jadi tidak hanya untuk energi baru terbarukan (EBT) saja. Namun, akan menjadi dua inovasi, yakni inovasi teknologi dan inovasi energi.

"Dari masing-masing kedua kategori ini, peserta terbaik akan memperoleh dana apresiasi. Total dana apresiasi miliaran rupiah," ungkap Gunawan.

Gunawan menambahkan, salah satu hal yang membanggakan pada PF Sains 2023 adalah tim dosen UP yang diketuai Reza Abdurrahman (FT) berhasil menjadi salah satu pemenang PF Sains (peringkat 3 kategori ideasi dan Top 5 kategori implementasi).

"Reza menang melalui ide project solar energy storage untuk proses pengeringan hasil tangkapan ikan nelayan di Buton Utara," tegas Gunawan.

Baca juga: Lulus S3 di UP dengan IPK 3,97, Sondang Teliti Pnuemonia

"LPPM UP selaku penyelenggara kegiatan ini berharap dosen-dosen UP dapat mengikuti jejak Reza untuk ikut andil dalam kegiatan kompetisi PF Sains tahun ini," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com