Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Buka Beasiswa 2024 bagi Mahasiswa D3-S1, IPK Minimal 3

Kompas.com - 17/02/2024, 13:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) membuka program beasiswa Beasiswa Sobat Bumi 2024 untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4).

Beasiswa Sobat Bumi 2024 memberikan beragam manfaat untuk penerimanya, mulai dari bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, capacity building terkait pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan, serta jejaring mahasiswa seluruh Indonesia.

Dari masa pandemi hingga tahun lalu, penerima terus meningkat dari tahun 2020 berjumlah 285 mahasiswa, 2021 berjumlah 381 mahasiswa, tahun 2022 berjumlah 420 mahasiswa, dan tahun 2023 berjumlah 465 mahasiswa.

Baca juga: Beasiswa S1 Mitsui Bussan Jepang 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Vice President CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa.

Beasiswa Sobat Bumi juga menjadi program yang mendukung pemerintah khususnya dalam berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), utamanya pada poin 4 (Pendidikan Berkualitas).

"Beasiswa Sobat Bumi merupakan bagian dari program sustainable education sekaligus bentuk apresiasi kami kepada mahasiswa berprestasi dan juga aktif dalam kegiatan masyarakat maupun lingkungan hidup. Lewat beasiswa ini, kami membina mereka sesuai dengan semangat Pertamina, yakni energizing community. Jadi, mereka tidak hanya memperoleh bantuan dalam bentuk biaya tetapi juga pengalaman terjun langsung ke tengah masyarakat bersama Pertamina," ujar Fajriyah dalam keterangan resmi.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 ke Taiwan 2024, Tunjangan hingga Rp 20 Juta Per Bulan

Cara daftar beasiswa Sobat Bumi 2024

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan, antusiasme mahasiswa terhadap Beasiswa Sobat Bumi sangat tinggi.

Untuk itu, Agus mendorong para mahasiswa untuk segera mendaftar dan persiapkan diri semaksimal mungkin karena persaingannya begitu ketat.

"Antusiasme terhadap Beasiswa Sobat Bumi tidak pernah surut setiap tahunnya. Tahun lalu, bahkan pendaftarnya mencapai 10.121 mahasiswa. Mereka akan diseleksi ketat lewat berbagai tahapan melalui metode perangkingan, mulai dari administrasi, wawancara, dan focus group discussion. Ayo, persiapkan diri dengan maksimal, lengkapi persyaratan administrasi, dan pastikan jangan sampai terlewat deadlinenya. Jadilah keluarga Beasiswa Sobat Bumi," kata Agus.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka hingga 24 Februari 2024 melalui laman pertaminafoundation.org.

Adapun persyaratannya sebagai berikut:

1. Mahasiswa mitra perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi (38 perguruan tinggi).

2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6.

3. IP dan/atau IPK terakhir >/3.00.

4. Tidak sedang menerima beasiswa periode Januari-Desember 2024.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com