Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Beasiswa S1-S3 Kuliah Luar Negeri Gratis Tanpa Syarat Minimal IPK

Kompas.com - 29/01/2024, 15:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2024 ada banyak beasiswa ke luar negeri yang sudah dibuka. Beasiswa yang dibuka ini mulai jenjang S1, S2, dan S3.

Untuk mendaftar beasiswa, ada syarat ketat yang harus dipenuhi. Misalnya, sertifikat Bahasa Inggris, CV, resume, dan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK.

Kebanyakan beasiswa menerapkan syarat minimal IPK untuk memudahkan menyeleksi pendaftar. Rata-rata IPK untuk mendaftar kuliah di luar negeri minimal 3,0 sampai 3,5.

Tetapi, bila IPK di bawah 3,0, ada 10 beasiswa S2 dan S3 tanpa nilai IPK untuk kamu pilih. 

Baca juga: Beasiswa Google 2024 untuk Perempuan Siap Dibuka, Tunjangan Rp 39 Juta

1. Global Korea Scholarship (GKS)

Beasiswa D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3 ke Korea Selatan ini tidak mensyaratkan nilai IPK. Pendaftaran beasiswa GKS akan dibuka mulai bulan September.

2. Romanian Government Scholarship

Beasiswa S1 sampai S3 ke Rumania ini masih dibuka sampai Maret 2024. Tidak ada minimal IPK untuk beasiswa ini.

3. VLIR UOS Scholarship

Beasiswa S2 ke Belgia dibuka sesuai jurusan yang ada. Maka pastikan dulu jurusan pilihanmu dibuka atau tidak. Kemudian tidak ada syarat IPK untuk mendaftar.

4. British Council for Women in STEM Scholarship

Beasiswa S1 ke Inggris untuk para perempuan yang tertarik di bidang Science, Technology, Engineering and Math. Biasanya beasiswa ini dibuka antara Februari sampai Mei 2024. Tidak ada minimal IPK untuk beasiswa ini.

Baca juga: 4 Beasiswa Penuh S2-S3 Luar Negeri 2024 yang Gratiskan Biaya Visa

5. Art Major Asian Plus Scholarship

Beasiswa S1 dan S2 ini untuk studi ke Korea Selatan. Dengan IPK di bawah 3, kamu bisa mendaftarkan diri pada bulan Maret-April 2024. Karena beasiswa ini tidak mensyaratkan minimal IPK.

6. France Excellence Scholarship

Beasiswa S2 ke Prancis ini rencananya akan dibuka pada April 2024. Tidak ada minimal IPK, hanya saja mahasiswa harus menunjukkan komitmen yang baik untuk kuliah.

Baca juga: Beasiswa KSE 2024 buat Mahasiswa S1, Ada Uang Saku Rp 9 Juta

7. Schwarzman Scholarship Tsinghua Scholarship

Mau kuliah ke Cina? Coba saja beasiswa S2 ke China ini yang akan dibuka bulan April sampai September 2024. Meski bisa didaftar tanpa IPK, masih ada ketentuan lain yang wajib. Misalnya, sertifikat Bahasa Asing.

8. Knight Hennessy Stanford University

Universitas Stanford terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Amerika Serikat. Untungnya, tanpa perlu IPK kamu bisa mendaftar beasiswa ini pada bulan Juni Oktober 2024. Tetapi jangan lupa untuk menyerahkan syarat sertifikat Bahasa Inggris, ijazah dan transkrip nilai. 

9. Swiss Governance Excellence Scholarship

Beasiswa S2 dan S3 ke Swiss ini akan dibuka mulai bulan Agustus-Desember 2024. Beasiswa ini juga bisa didaftar tanpa IPK. Pendaftar cukup melampirkan resume, ijazah, transkrip nilai dan dokumen pendukung lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com