Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Tutup, Mahasiswa Ini Putar Otak Lanjutkan Bisnis Orangtua

Kompas.com - 28/07/2022, 12:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Namanya Reynard Neilson Septian yang merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan Manajemen.

Sambil kuliah di Universitas Pelita Harapan (UPH), dia menjalani bisnis milik ayahnya di bidang jual dan service kamera digital, drone maupun lainnya.

Baca juga: Kasus Ibu Bunuh Anak Kandung, Psikolog Unair: Perlu Kesehatan Mental

Dia menceritakan, bisnis milik ayahnya, yakni Point Digital Camera (PDC) didirikan pada 2013.

Semakin berkembangnya teknologi digital, dia harus melanjutkan bisnis orangtuanya, agar bisnis itu tidak mati ditelan zaman.

"Bersama ayah saya, saya putar otak jalankan bisnis orangtua, agar ada perubahan saya ekspansi bisnis dengan nemabah modal untuk menjual sparepart kamera," ungkap dia dalam keterangannya, Kamis (28/7/2022).

Dia menjelaskan, awal mula ayahnya berbisnis kamera di ruangan kios dengan ukuran 3x3 meter persegi.

Karena terus berinovasi, bisnis yang dijalankannya semakin maju. Meski proses bisnis tidak semudah ucapan yang mudah dilontarkan.

Di tahun 2020, sudah mulai terlihat perubahan toko yang saat ini berada di Ruko Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat.

"Perubahan toko itu dengan jual beli kamera bekas dan baru serta jasa service, serta ada drone. Selain ada di toko, dagangan bisnis kami bisa dilihat dari laman Instagram @pointdigitalcamera," ungkap dia.

Baca juga: Rektor UPN Veteran Jakarta Raih Gelar Guru Besar

Manfaatkan pandemi Covid-19 untuk kerek penjualan kamera

Pada saat bisnis lain berjatuhan di masa pandemi Covid-19, bisnis yang dijalankannya mengambil momen untuk meraih keuntungan.

Itu karena banyak konten kreator yang membuat video untuk diunggah lewat aplikasi TikTok.

"Saat pandemi Covid-19, mereka konten kreator TikTok butuh kamera untuk membuat video, serta banyak sekarang pekerja freelance yang menjadi videografer dan fotografer di masa pandemi sekarang ini," tutur dia.

Walaupun ada peningkatan penjualan, saat pandemi Covid-19 juga ada gejolak yang berarti.

"Meski ada pasang surut bisnis, kita tetap profesional, kita tetap berikan pelayanan terbaik ke konsumen, karena nomor satu bagi kita adalah kepuasan pelanggan," jelas dia.

Kamera digital tidak akan punah

Dia menegaskan, kamera digital tidak akan punah, walaupun sudah banyaknya merek handphone (hp) yang memiliki kamera bagus.

Pasalnya, kamera digital memiliki sensor yang lebih besar dibanding kamera HP. Tentunya, gambar yang dihasilkan kamera digital lebih tajam.

"Ditambah lagi, konten kreator yang muncul lewat TikTok, mereka membuat kontennya menggunakan kamera. Kamera digital saat ini juga sudah banyak yang compact, jadi mudah dibawa," tegas dia.

Baca juga: 5 Ciri Obat Palsu dari Pakar Farmasi UGM

Dia berharap, dengan inovasi bisnis yang saat ini dijalankan, bisa membuat bisnis orangtuanya lebih maju. Sehingga memiliki banyak cabang di kota-kota Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com