Kompas.com - 28/07/2022, 11:34 WIB

KOMPAS.com - Musim hujan identik dengan banjir di sejumlah wilayah. Turunnya permukaan tanah, perubahan iklim sampai kurangnya perawatan pada infrastruktur penahan banjir yang sudah ada, dinilai menjadi sejumlah pemicu.

Pemikiran dan perhatian terhadap banjir, khususnya di Jakarta, tak luput dari mata akademisi Arsitektur di Indonesia.

Jurnal ataupun karya tulis dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berkaitan langsung dengan topik ini juga telah berkali-kali dipublikasi dan dikaji.

Namun, kali ini ide brilian terkait solusi terhadap banjir Jakarta datang dari mahasiswa Arsitektur ITB yang baru saja merampungkan studinya.

Baca juga: 632 Mahasiswa S1 ITB Lulus Cumlaude pada Juli 2022, Siapa Peraih IPK Tertinggi?

Dengan tajuk desain “Cilincing Flood Resilient Housing”, Muhammad Isa Tsaqif merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir yang lengkap dengan segala fasilitasnya.

Sebagai warga asal Jakarta, Isa kian menyadari ancaman yang menghantui wilayah metropolitan ini.

Makin didorong dengan isu tenggelamnya Jakarta di tahun 2050, Isa merasa masih kurangnya pengambilan langkah riil guna mencegah ataupun mengatasi krisis ini.

Dari premis ini, Isa memutuskan untuk berbalik dan mencari intisari masalah untuk menemukan jawaban yang paling relevan.

Kesimpulannya, adalah dengan mencari cara untuk hidup beradaptasi dalam genangan air tersebut.

“Banyak bangunan apung yang sebenarnya sudah dibuat, namun selama ini bentuknya masih satuan. Dengan mencoba untuk merealisasikan konsep rumah padat penghuni apung yang lengkap dengan fasilitas penunjang yang juga dapat mengapung di kala banjir, saya berharap dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu arsitektur dan pembangunan ke depannya,” jawab Isa dikutip dari laman Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.