Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO EMGS Ungkap 4 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Malaysia

Kompas.com - 22/06/2022, 09:33 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara tetangga terdekat Indonesia, Malaysia sering menjadi tujuan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Menurut CEO Education Malaysia Global Services (EMGS) Mohd Radzlan Bin Jalaludin, ada beberapa faktor yang menyebabkan Malaysia sering menjadi tujuan bagi siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Mulai dari faktor kualitas pendidikan, biaya pendidikan, lokasi yang strategis dan pengalaman yang bisa diperoleh siswa internasional karena bisa berinteraksi dengan pelajar dari berbagai negara lain. 

Baca juga: Login pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, Ini Cara Cek Hasil UTBK SBMPTN 2022

Kualitas pendidikan di Malaysia 

Radzlan mengatakan, Malaysia memiliki kualitas pendidikan yang bagus sehingga sering menjadi tujuan siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

"Biaya sekolah di Malaysia juga terjangkau bagi siswa dari seluruh dunia. Selain itu lokasi Malaysia cukup dekat dengan Indonesia. Kuala Lumpur ke Jakarta bisa ditempuh dengan pesawat kurang lebih 2 jam. Sehingga mahasiswa bisa pulang ke Indonesia tiap minggu atau tiap bulan tergantung kemampuan mereka masing-masing," urai Radzlan dalam kunjungannya ke Redaksi Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Radzlan menyampaikan, siswa internasional yang mengenyam pendidikan di Malaysia berasal dari 150 negara di dunia. Sehingga jika pelajar dari Indoensia atau negara lain berencana melanjutkan pendidikan di Malaysia akan mendapat pengalaman bisa berinteraksi dengan siswa internasional dari banyak negara.

Radzlan mengungkapkan, Malaysia memiliki lima universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University Ranking 2023 yaitu:

1. Universiti Malaya (UM) nomor urut 70,

2. Universiti Putra Malaysia (UPM) 123,

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) 129,

4. Universiti Sains Malaysia (USM) 143

5. Universiti Teknologi Malaysia (UTM) 203.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1/S2, Ayo Daftar

Dia menerangkan, ada 20 universitas negeri di Malaysia yang diperbolehkan menerima siswa internasional. Selain itu juga ada sebanyak 380 institusi perguruan tinggi yang diperbolehkan menerima siswa internasional.

"Dari data IMGS terkini, paling ramai peminat di Albukhary International University (AIU), Universitas Utara Malaysia (UUM), Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM)," urai Radzlan.

Disinggung soal jurusan paling banyak diminati pelajar dari Indonesia, biasanya mengambil jurusan Bisnis Administrasi, Manajemen dan Administrasi, Computer Science dan Human Science.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com